Selasa, 23 Oktober 2018

Siro Rabu, 24 Oktober 2018

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XXIX
PF S. Antonius Maria Claret, Uskup

Bacaan Injil
Luk 12:39-48

Barangsiapa diberi banyak, banyak pula yang dituntut daripadanya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Pada suatu ketika berkatalah Yesus kepada murid-murid-Nya,
"Camkanlah ini baik-baik! Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.Hendaklah kalian juga siap-sedia, karena Anak Manusia akan datang pada saat yang tak kalian sangka-sangka."Petrus bertanya, "Tuhan, kami sajakah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan ini ataukah juga semua orang?"Tuhan menjawab, "Siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk membagikan makanan kepada mereka pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya sedang melakukan tugasnya, ketika tuan itu datang. Aku berkata kepadamu: Sungguh, tuan itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.Tetapi jika hamba itu jahat dan berkata dalam hatinya, 'Tuanku tidak datang-datang.' Lalu ia mulai memukuli hamba-hamba lain, pria maupun wanita, dan makan minum serta mabuk,maka tuannya akan datang
pada hari yang tidak disangka-sangkanya dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan tuan itu akan membunuh dia serta membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

Hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Barangsiapa diberi banyak, banyak pula yang dituntut daripadanya. Dan barangsiapa dipercaya banyak, lebih banyak lagi yang dituntut daripadanya."

Demikianlah sabda Tuhan.
=======================

SIRAMAN ROHANI     Rabu, 24 Oktober 2018     RP Fredy Jehadin SVD

Tema:  Jagalah Hadiah-Hadiah Tuhan Sampai Ia Datang Kembali!                                      
Lukas 12: 39-48

Saudara-saudari... Hari ini Yesus ingatkan kita kembali supaya selalu bersiap-siaga menanti kedatangan-Nya kembali. Kedatangan-Nya tidak diumumkan, kapan dan akan tiba di mana? Tapi yang pasti, bahwa Dia akan datang memanggil kita. Sengaja Dia ingatkan para murid-Nya, termasuk kita, berulang-ulang, karena kita sering tertidur dan lupa. Keteledoran kita akan mendatangkan bencana bagi diri kita sendiri.

Mengapa Yesus selalu meminta supaya kita selalu berjaga-jaga? Apakah ada harta yang sangat mahal, yang sudah diberikan-Nya kepada kita dan mengharapkan agar harta itu jangan hilang karena kelalain kita?  Harta yang sangat mahal, yang sudah diberikan Kristus kepada kita adalah keselamatan, yang sudah dibayarnya dengan kematian-Nya di kayu salib. Dalam kematian Ia bergulat melawan kuasa maut. Kemudian Ia bangkit dari alam maut dan memproklamirkan kemenangan-Nya atas maut. Dan barangsiapa yang percaya kepada-Nya, maka ia akan memperoleh keselamatan. Harta yang lain, yang sudah kita miliki adalah Roh Kudus, yang sudah diberikan Allah Bapa kepada para murid-Nya pada Pentekosta. Yesus Kristus sendirilah yang meminta Bapa agar Roh Kudus itu turun ke atas para murid-Nya, ke atas kita untuk membantu kita. Yesus Kristus menghendaki agar hadiah-hadiah indah ini jangan hilang hanya karena kelalaian kita. Karena itu Dia mengajak kita supaya selalu berjaga-jaga; jangan biarkan kita tertidur; jangan biarkan kita jatuh ke dalam genggaman Setan.
Yesus sadar, bahwa Setan selalu datang setiap saat mau menggoda iman kita agar kita menjauh dari Allah. Setan selalu bekerja di dunia ini. Dia bekerja sama dengan keinginan hawa nafsu kita, dan yakinkan kita, bahwa kita juga bisa mendapat harta yang lain yang jauh lebih membahagiakan selama kita hidup di dunia ini. Barangsiapa mengikuti ajakannya, maka ia akan binasa untuk selama-lamanya.

Marilah saudara-saudari... Jagalah Rahmat Keselamatan dan Sakramen-Sakramen yang sudah kita terima sampai pada waktu Tuhan kita datang kembali! Dia pasti sangat bahagia kalau menemukan kita selalu terjaga dan setia menjalankan perintah-Nya.

Kita berdoa, semoga Tuhan selalu sadarkan kita, agar dari waktu ke waktu kita selalu menjaga hadiah-hadiah terindah yang Tuhan berikan kepada kita, sehinga di saat Tuhan datang, Ia menemukan kita tetap selamat dan setia menjalankan perintah-Nya.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amin.

Tidak ada komentar: