Kamis, 25 Oktober 2018

Siro Jumat, 26 October 2018

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XXIX
Bacaan Injil
Luk 12:54-59

Kalian tahu menilai gelagat bumi dan langit,
tetapi mengapa tidak dapat menilai zaman ini?

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Pada suatu ketika
Yesus bersabda kepada orang banyak,
"Apabila kalian melihat awan naik di sebelah barat,
segera kalian berkata, 'Akan datang hujan.'
Dan hal itu memang terjadi.
Dan apabila kalian melihat angin selatan bertiup,
kalian berkata, 'Hari akan panas terik.'
Dan hal itu memang terjadi.
Hai orang-orang munafik,
kalian tahu menilai gelagat bumi dan langit,
tetapi mengapa tidak dapat menilai zaman ini?
Dan mengapa engkau tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

Jika engkau dengan lawanmu pergi menghadap penguasa,
berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan.
Jangan sampai ia menyeret engkau kepada hakim
dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya,
dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.

Aku berkata kepadamu,
'Engkau takkan keluar dari sana,
sebelum melunasi hutangmu'."

Demikianlah sabda Tuhan.

======================
SIRAMAN ROHANI   Jumat, 26 Oktober 2018
RP Fredy Jehadin SVD

Tema:  Iman Dan Tanda-Tanda Zaman!   
 Lukas 12: 54-59

Saudara-saudari... Alam selalu memberi sinyal peringatan sebelum suatu peristiwa alam terjadi. Kalau kabut tebal dan gelap muncul, kita tahu hujan akan datang. Beberapa hari lalu, saya dari kota Port Moresby menuju Seminari Tinggi Bomana, tempat saya tinggal. Dari jauh saya melihat di bagian wilayah kami ada kabut gelap. Tanda itu memberi saya sinyal, bahwa di tempat saya sedang hujan atau hujan akan segera datang. Dan benarlah yang terjadi. Begitu saya masuk wilayah Bomana, hujan lebat dan angin sedang terjadi.  Kita bersyukur kepada alam, karena ia memberi kita sinyal apa yang sedang atau akan terjadi.

Di zaman kita sekarang, dengan alat tehnologi yang canggih, kita dibantu untuk bisa meramalkan apa yang akan terjadi beberapa hari atau minggu mendatang. Dengan itu kita bisa menyiapkan diri untuk menghadapi apa yang akan terjadi. Contohnya tentang ramalan cuaca atau gempa bumi.

Saudara-saudari... Yesus Kristus, lewat Injil-Nya hari ini, ekspresikan kekecewaannya kepada orang banyak. Katanya: “Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapa kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?” Apa latar-belakang sampai Yesus expresikan kekecewaan seperti itu? Yesus pada dasarnya kecewa kepada banyak orang karena mereka pintar membaca tanda-tanda alam dan bisa meramalkan apa yang akan terjadi. Tetapi mereka tidak bisa membaca arti kehadiran Yesus di tengah mereka, dengan segala mujizat yang dikerjakan-Nya. Ajaran dan mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya, sesungguhnya adalah satu ajakan untuk mereka supaya bertobat dan percaya kepada Tuhan; satu ajakan untuk kembali berteman dengan Tuhan; satu kesempatan berahmat. Yesus sesungguhnya adalah tanda kehadiran Allah di tengah manusia. Allah yang selalu mencintai; Allah yang menyelamatkan; Allah yang mengapuni; Allah yang memberi hidup.
Saudara-saudari... Apa saja tanda-tanda zaman yang sedang kita alami sekarang? Di saat orang menabur berita-berita provokatip lewat media sosial, bagaimana reaksi kita? Apakah kita langsung menerimanya dan meneruskannya kepada orang lain sebelum kita mengetahui kebenarannya  atau stopkan berita itu sambil mencari tahu kebenarannya? Apakah kita juga memakai kaca mata iman untuk melihat tanda-tanda zaman yang sedang terjadi?
Kalau kemampuan manusiawi kita bisa membaca tanda-tanda alam dengan tepat, maka sebagai murid Kristus, kita juga gunakan kaca mata iman, yang diilhami oleh Roh Kudus, untuk membaca tanda-tanda zaman yang sedang terjadi. Mungkin tanda-tanda itu mau mengajak kita untuk bertobat;  mengajak kita untuk saling mendoakan; mengajak kita untuk berhati-hati dalam bertindak; mengajak kita untuk teguh dalam iman.

Marilah saudara-saudari, bukalah mata dan pikiran kita untuk melihat dan membaca tanda-tanda zaman yang sedang terjadi. Sebagai murid-murid Kristus, kenakanlah kaca mata iman untuk melihat dan membacanya. Mungkin dari tanda-tanda zaman itu ada pesan-pesan menarik yang harus kita pelajari demi keselamatan dan kebahagiaan jiwa-raga kita.

Kita mohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amin

Tidak ada komentar: