Selasa, 21 Mei 2019

Siro Jumat, 17 Mei 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Paskah IV

Bacaan Injil
Yoh 14:1-6

Akulah jalan, kebenaran dan hidup.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Janganlah gelisah hatimu;
percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal.
Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu.
Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku,
supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke sana."
Kata Tomas kepada-Nya,
"Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi;
jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?"
Kata Yesus kepadanya,
"Akulah jalan, kebenaran dan hidup.
Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa,
kalau tidak melalui Aku.

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI
                                                                                                                           
Jumat 17 Mei 2019                                                                                                                               
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema:  Percayalah Kepada Allah Dan Yesus Kristus!
Yohanes 14:1 – 6

Saudara-saudari... Sebagai orang beriman akan Kristus, saya selalu bersyukur kepada Kristus karena Dia membimbing kita ke jalan yang pasti dan benar sesudah kehidupan manusia di dunia ini berakhir. Mengapa saya harus bersyukur? Karena Yesus, yang adalah Tuhan sudah menjelaskan semuanya. Sebelum dunia diciptakan Ia sudah ada bersama Bapa. Tetapi karena kejatuhan manusia, Bapa menyuruhnya turun ke dunia untuk selamatkan dunia. Ia mengajar manusia dan yakinkan manusia akan kehidupan sesudah kematian. Dia tahu ke mana jiwa manusia akan pergi sesudah kematian tubuh. Kata-Nya bahwa sesudah kematian tubuh, jiwa kita akan hidup bersama Bapa. Tetapi untuk boleh hidup bersama Tuhan kata-Nya ada syaratnya. Syaratnya adalah PERCAYALAH KEPADA ALLAH DAN PERCAYALAH JUGA KEPADA KRISTUS.  Apa artinya? Itu berarti kita harus pasrahkan diri kita seutuhnya kepada Allah dan ikutilah perintah-Nya. Apa saja perintahNya? Allah sendiri sudah memberi 10 perintah kepada Musa dalam Perjanjian Lama, kemudian Yesus  menyederhanakan 10 Perintah itu ke dalam dua perintah utama, hukum cinta kasih, yaitu mencintai Allah dan sesama.
Agar bisa memperoleh kehidupan kekal, Yesus juga katakan: “Ikutilah Aku! Akulah jalan!” Barangsiapa mengikuti jalan Kristus, maka sudah pasti dia akan sampai ke tujuan. Dia sudah pernah ada di tempat itu dan kini dengan segala ketahuannya Dia dengan pasti mengarahkan orang yang mengikutiNya ke tempat di mana Dia pernah hidup sejak dari awal mula bahkan sebelum dunia dijadikan, termasuk manusia. Saya sangat bersyukur karena pribadi yang menghatar saya ke Surga adalah orang yang sudah pernah hidup di sana, dan kini Dia membawa orang yang percaya kepada-Nya untuk hidup bersama Allah. Dia tahu betul jalan ke sana dan tidak ada terka-terkaan. Terima kasih Yesus, karena Engkau sendiri yang sudah memanggil saya untuk mengikuti jalan-Mu.
Kadang saya berpikir, bagaimana orang yang tidak pernah ada di sana menghantar orang lain ke tempat Allah bersemayam? Bagaimana dia tahu jalan ke sana? Saya bayangkan orang baru yang mendaki gunung Sinai. Kalau tidak tahu jalan ke puncak dan tidak tahu jaraknya berapa kilometer dan bagaimana keadaan jalannya, pasti orangnya bingung, cemas dan selalu takut.

Hari ini Yesus berkata: “Aku adalah kebenaran dan hidup!” Maksudnya bahwa semua perkataan-Nya adalah benar. Tidak ada kepalsuan yang keluar dari diri-Nya. Semuanya benar. Dia adalah hidup, maksudnya adalah bahwa dia adalah sumber kehidupan itu sendiri. Dia memberi hidup kepada orang yang secara fisik sudah mati. Barangsiapa yang percaya kepada-Nya akan memperoleh hidup yang kekal.

Pada saat perpisahan dengan murid-murid-Nya, Yesus berkata:  “Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”  Satu kata-kata peneguhan yang sangat luar biasa. Yesus selalu mencintai manusia dan selalu menantikan kedatangan kita. Dia tahu pasti bahwa dalam rumah Bapa ada banyak tempat. Tetapi kuncinya: PERCAYA PADA ALLAH DAN KEPADA YESUS KRISTUS.

Marilah saudara saudari... Percayalah selalu kepada Allah dan Yesus Kristus. Wujud-nyatakanlah kepercayaan kita lewat perbuatan dan tingkah-laku hidup kita setiap hari. Kita berdoa semoga Tuhan selalu menguatkan iman dan kesetiaan kita kepada Allah.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

Tidak ada komentar: