Selasa, 28 Mei 2019

Siro Rabu, 29 Mei 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Paskah VI

Bacaan Injil
Yoh 16:12-15

Roh Kebenaran akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-NyaYesus berkata kepada murid-murid-Nya,"Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya, itulah yang akan dikatakan-Nya, dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah kepunyaan-Ku, sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku."

Demikianlah Injil Tuhan.
=====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Rabu, 29 Mei 2019                                                                                                                                
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Apabila Roh Kudus Datang, Ia Akan Memimpin Kita Dalam Seluruh Kebenaran! 
                                                                                                                                
Yohanes 16: 12 - 15

Saudara-saudari... Beberapa hari yang lalu, seorang teman mengikuti ujian semester bidang Teologi. Materi ujian dibacanya berulang-ulang tetapi walaupun demikian, tetap saja tidak bisa dipahaminya dengan sangat baik. Apalagi materinya dalam bahasa asing. Ia meminta seorang Pastor (bukan seorang dosen) untuk menjelaskan kepadanya secara garis besarnya. Penjelasannya sedikit membantu, tetapi teman ini belum merasa yakin. Pada hari ujian, sepanjang pagi dia sangat sibuk bekerja. Tidak ada kesempatan untuk melihat lagi bahan kuliahnya. Selagi bekerja dia ngomong dengan Yesus, Bunda Maria, dan dengan pendiri Serikat. Dia pasrahkan ujiannya pada Tuhan, Bunda Maria dan pendiri serikatnya. Sore harinya dia ke sekolah. Teman2-nya sibuk membaca ringkasan mata kuliah, sementera dia tidak. Dia pasrah dan berdoa. Dia memohon Roh Kudus untuk membantu dia. Ketika gilirannya tiba, dia masuk menghadap dosen penguji. Ujian diadakan secara lisan. Dia berdoa lagi  meminta ketenangan bathin. Di saat dosennya melontarkan satu pertanyaan, dia dengan sangat senang menjawab pertanyaan itu. Kata-kata yang keluar dari mulutnya begitu mengalir. Sesudah 15 menit, dosennya sangat gembira dan merasa kagum dengan jawabannya. Dosen mengucapkan profisiat kepadanya dan dia mendapat nila 10. Teman ini sangat kaget karena dia tidak pernah berpikir, bahwa dia akan bisa mendapat nilai yang begitu tinggi. Dia percaya itu semua adalah pekerjaan Roh Kudus. Dia kembali melambungkan syukur dan pujian karena Tuhan sumber segala pengetahuan telah membantu dia.

Saudara-saudari... Dalam Injilnya hari ini Yesus berkata kepada para murid-Nya: “Roh Kudus akan memimpin kamu dalam seluruh kebenaran.” Itulah yang sering terjadi dalam hidup kita. Di saat kita dalam keadaan terjepit dan kalau kita serahkan semua kesulitan kita kepada Tuhan, maka mujizat selalu terjadi. Saya yakin, kita semua punya pengalaman akan hal itu. Secara pribadi saya sering alaminya.

Pada suatu waktu saya diminta oleh seorang teman untuk memimpin Misa penguburan untuk seorang Polisi. Pastor yang bertugas tiba-tiba mengalami serangan jantung. Waktunya cuman satu jam. Misanya bukan di Gereja Katolik tetapi di aula Polisi Akademi. Yang hadir misa pun beraneka agama. Saya tidak bisa menolak karena mayat sudah ada di Aula dan sudah banyak orang hadir di sana. Saya pasrahkan semuanya pada Tuhan. Saya tanya orang yang meminta saya kalau bacaan sudah disiapkan. Jawabannya semuanya sudah disiapkan. Saya lihat bacaannya dan fokus pada isi bacaan. Saya meminta Roh Kudus untuk berbicara dan biarkan Dia menggunakan mulutku. Puji Tuhan, Dia betul berbicara. Tuhan sungguh selalu menepati janji-Nya. Tergantung pada kita apakah kita percaya sungguh dan pasrah secara total pada-Nya.

Marilah saudara-saudari... Sungguh, Roh Kudus akan selalu memimpin kita dalam seluruh kebenaran yang terpenting kita sungguh percaya dan pasrahkan diri kita pada-Nya.

Bersama Bunda Maria kita berdoa: Tuhan bukalah hati dan pikiran kami serta tuntunlah kami sesuai dengan kehendak-Mu. Karena Engkaulah Tuhan dan pengantara kami. Amen!

Tidak ada komentar: