Jumat, 31 Mei 2019

Siro Sabtu, 1 Juni 19


Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Paskah VI
PW S. Yustinus, Martir

Bacaan Injil
Yoh 16:23b-28

Bapa mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Kukatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah.

Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa."

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Sabtu, 01 Juni 2019                                                                                                                               
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Lewat Doa kita mendekatkan diri dengan Tuhan!
 Yohanes 16:23-28

Saudara-saudari...  Kita semua tahu dan alami bahwa lewat doa kita bisa alami kedekatan kita dengan Tuhan. Lewat doa kita bisa ungkapkan diri  kita kepada Tuhan, katakan apa yang perlu kita katakan dan juga dalam keheningan doa, kita juga bisa mendengar apa yang dikatakan Tuhan kepada kita.
Doa sesungguhnya satu aktivitas manusia yang sangat luar biasa, di mana dalam doa manusia mengadakan hubungan yang sangat intim dengan Tuhan yang menciptakannya. Lewat doa, manusia membawa Tuhan yang sangat mulia dekat dengan dirinya, dan lewat doa, manusia mengangkat dirinya, yang fana dekat pada Tuhan. Semua ini bisa terjadi kalau kita ungkapkan doa kita dengan penuh iman.  
Dalam surat kepada orang di Hibrani  ada tertulis: “Tanpa iman orang  tidak mungkin membuat Allah bahagia!” (Ibrani 11:6).  Iman berarti percaya total kepada satu kekuatan yang berada di luar diri kita dan kekuatan itu bisa menjawab apa yang kita butuhkan. Dari sudut iman, kita namai kekuatan itu adalah Allah. Tuhan sudah menampakkan diriNya dalam diri Yesus kristus. Kristus sendiri sudah buktikan kekuatan Tuhan itu dalam kehidupanNya di dunia ini. Lewat Yesus Kristus, Tuhan membuat banyak mujizat.  Yesus Kristus sendiri selalu yakinkan para pendengar-Nya, bahwa barangsiapa yang melihat Dia, ia sudah melihat Bapa yang mengutusNya.

Hari ini Yesus kristus kembali yakinkan para murid dan pengikutNya, katanya: “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu.” Pernyataan Yesus Kristus ini sudah menjadi kenyataan bagi banyak orang yang sungguh percaya kepadaNya. Santu Paulus, Apolos, Priscila dan Aguila dalam bacaan pertama hari ini (Kis 18:23-28) sudah mengalami betapa besar kuasa Tuhan dalam hidup mereka. Mereka selalu ciptakan hubungan yang baik dengan Tuhan lewat doa harian mereka. Tantangan yang dihadapinya selalu dapat dilalui dengan baik berkat bantuan Tuhan. Berkat kedekatannya dengan Tuhan, mereka selalu alami kekuatan sehingga mereka pun selalu didorong untuk maju mewartakan misi Kristus.

Saudara-saudari... Apakah kita selalu merasa dekat dengan Tuhan? Apakah kita selalu alami kekuatan Tuhan lewat doa kita?

Marilah saudara-saudari... Hayati dan amalkanlah apa yang dikatakan Yesus Kristus hari ini: “Mintalah maka kamu akan menerima. Segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam Nama-Ku.”

Kita berdoa, semoga Tuhan selalu menguatkan iman dan meneguhkan kepercayaan kita. Percayalah, bahwa Tuhan selalu mengabulkan permohonan kita sesuai dengan kehendakNya. Sesungguhnya Tuhan tahu lebih baik apa yang kita butuhkan.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen!

Tidak ada komentar: