Senin, 10 Juni 2019

Siro Minggu, 2 Juni 19

Bacaan Liturgi 02 Juni 2019

Hari Minggu Paskah VII
PF S. Marselinus dan Petrus, Martir
Bacaan Injil
Yoh 17:20-26

Supaya mereka sempurna menjadi satu.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam perjamuan malam terakhir,
Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi para pengikut-Nya,
"Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa,
tetapi juga untuk orang-orang,
yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
supaya mereka semua menjadi satu,
sama seperti Engkau, ya Bapa, ada di dalam Aku,
dan Aku di dalam Engkau,
agar mereka juga di dalam Kita,
supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Aku telah memberikan kepada mereka
kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku,
supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku,
supaya mereka sempurna menjadi satu,
agar dunia tahu bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku,
dan bahwa Engkau mengasihi mereka,
sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya Bapa,
Aku mau supaya di mana pun Aku berada,
mereka juga berada bersama-sama dengan Aku,
yakni mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,
agar mereka memandang kemuliaan-Ku
yang telah Engkau berikan kepada-Ku,
sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

Ya Bapa yang adil,
memang dunia tidak mengenal Engkau,
tetapi Aku mengenal Engkau,
dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka,
dan Aku akan memberitahukannya,
supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka
dan Aku di dalam mereka."

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                                                   Minggu, 02 Juni 2019                                                                                                                          
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Doa Adalah Satu Bentuk Komunikasi Rohani Yang Sangat Penting Bagi Manusia!
 Yohanes 17:20-26

Saudara-saudari... Hari ini kita rayakan Minggu Komunikasi sedunia. Komunikasi berarti mengirim dan menerima informasi. Setiap hari kita selalu mengadakan komunikasi dengan sesama kita. Ada banyak macam sarana berkomunikasi: lewat kata-kata lisan, lewat tulisan, telpon, tv, radio dan symbol.
Kita merayakan minggu komunikasi hari ini agar kita diingatkan kembali untuk memanfaatkan sarana komunikasi kita dengan baik agar komunikasi kita selalu berdampak positip.  Gereja sadar bahwa ada begitu banyak persoalan yang terjadi dalam keluarga, masyarakat dan gereja sekarang, karena orang salah-gunakan sarana komunikasi. Orang salah gunakan internet, celphone, kadang menggunakan kata-kata yang tidak bagus dalam percakapan.
Dalam berkomunikasi lisan atau celphone, kadang kita bisa control diri dan tahu siapa lawan bicara kita, tetapi lewat komunikasi tulisan atau radio, atau tv atau internet atau symbol, mungkin sekali kita tidak tahu siapa lawan bicara kita. Karena itu selalu dianjurkan supaya dalam menggunakan sosial media, kita harus terapkan etika sopan santuan dan nilai-nilai kristiani.

Hari ini Yesus berkomunikasi dengan Bapa-Nya. Dalam berkomunikasi dengan Bapa-Nya, Ia sampaikan apa yang mau dikatakannya dengan jelas. Ia percaya bahwa BapaNya akan menjalankan apa yang dimintaNya. Ia meminta BapaNya supaya semua orang yang percaya kepada-Nya entah mereka yang dikenalnya secara langsung, termasuk para rasulNya, maupun mereka yang percaya kepada-Nya berkat pemberitahuan dan pengajaran dari para RasulNya. Dalam berkomunikasi dengan BapaNya, Yesus merasa bahwa Ia secara rohani satu dengan BapaNya. Yesus sesungguhnya mau mengajar kita bagaimana berkomunikasi dengan Bapa-Nya dan Bapa kita yang ada dalam Surga. Dalam berkomunikasi dengan Bapa kita dalam surga ada beberapa unsur penting yang harus kita miliki yaitu: iman, rajin, rendah hati, pasrah pada kehendak Bapa, menjaga dan memelihara hukum dan perintah Bapa, Tuhan kita, ungkapkan apa yang dibutuhkan dari hati yang tulus dan tahu bersyukur. 
Lewat doa kita juga bisa berkomunikasi dengan saudara-saudari kita. Kita bawa saudara- saudari kita ke hadapan Tuhan dan mengatasi namai saudara/i kita, kita ungkapkan apa yang dibutuhkan saudara-saudari kita. Dalam doa kita membayangkan saudara/i yang kita doakan itu ada bersama kita di hadapan Tuhan. Kita percaya bahwa roh kita selalu bertemu. Roh kita tidak bisa dihalangi oleh tembok pemisah atau gunung. Kalau banyak roh yang berkehendak baik mau membantu sesama yang sakit misalnya, maka roh-roh itu akan mendekati teman yang sakit itu dan bersamanya menghadap Tuhan untuk menyampaikan apa yang dibutuhkannya. Dengan menjalankan hal ini, itu berarti kita sudah jadikan doa sebagai sarana komunikasi rohani yang sangat penting, baik dengan sesama manusia maupun dengan Tuhan.

Marilah saudara-saudari... rajin-rajinlah berkomunkasi dengan Tuhan dan sesama lewat doa dengan penuh iman, Tuhan pasti selalu mendengarkan kita dan sesama kita pun akan turut merasakan apa yang kita buat secara rohani untuk  mereka.

Kita berdoa semoga Tuhan selalu menyadarkan kita untuk menggunakan sarana komunikasi dengan baik agar sasaran komunikasi kita menghasilkan buah sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

Tidak ada komentar: