Minggu, 16 Juni 2019

Siro Minggu, 16 Juni 19

Bacaan Liturgi

HR Tritunggal Mahakudus

Bacaan Injil
Yoh 16:12-15

Segala sesuatu yang Bapa punya adalah kepunyaan-Ku.Roh akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya, itulah yang akan dikatakan-Nya, dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya adalah kepunyaan-Ku; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari pada-Ku."

Demikianlah Injil Tuhan
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                               
Minggu, 16 Juni 2019                                                                                                                           
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Dalam Allah Tritunggal Ada Satu kesatuan Yang Tak Terpisahkan!                      
(Yohanes 16:12-15)

Saudara-saudari... Hari ini kita merayakan Pesta Allah Tritunggal Mahakudus: Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Tiga pribadi tetapi satu Allah. Ketiganya punya tugas dan tanggungjawab masing-masing tetapi tetap dalam satu kesatuan yang tak terpisahkan. Bapa menciptakan segala sesuatu; Karena kejatuhan manusia dalam dosa, Ia mengutus Putera-Nya, Yesus kristus untuk menyelamatkan manusia. Yesus Kristus-lah yang menebus manusia dan mengajar manusia tentang Allah. Sesudah misi-Nya secara fisik telah selesai, Yesus Kristus kembali kepada Bapa. Sebelum kembali, Ia menjanjikan kepada para muridNya bahwa Ia akan meminta Bapa untuk mengutus Roh Kudus untuk membantu manusia, yang percaya kepada Allah, membimbing mereka, mengingatkan mereka akan apa yang sudah diajarkan oleh Yesus kristus agar mereka selalu hidup dalam kebenaran.
Hari ini Yesus sendiri berkata kepada para muridNya: “Masih banyak hal yang harus kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”

Injil hari ini menyebutkan secara terus terang kesatuan antara Bapa, Putera dan Roh Kudus. Yesus adalah pusat kesatuan itu. Kita mengenal Bapa melalui Yesus Kristus. Yesus Kristuslah yang mengajar kita tentang Bapa. Apa yang didengar, dialami dan dikehendaki BapaNya, itulah yang diajarkanNya kepada kita. Roh Kudus akan memimpin, membimbing dan mengingatkan kita akan apa yang sudah diajarkan Yesus Kristus. Yesus Kristus menyampaikan apa yang menjadi milik Bapa dan Roh Kudus menyampaikan kepada kita apa yang menjadi milik Yesus Kristus. Dari cara kerja mereka, bisa dilihat betapa tak terpisahkan Bapa, Putera dan Roh Kudus. Di dalam Allah Tritunggal ada satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Bagaimana relasi kehidupan antara kita? Dalam lapangan kerja: pemimpin dan bawahan? Dalam keluarga: Suami, istri dan anak-anak? Dalam biara: Tuhan, pemimpin biara dan diri sendiri? Apakah selalu terjalin keharmonisan dan rasa kesatuan yang tak terpisahkan? Apakah rasa persaudaraan kita selalu dirasakan atau sering terasa ada intimidasi, pelecehan hak azasi dan rasa tidak nyaman hidup dalam satu rumah tangga?

Pada pesta Allah Tritunggal Mahakudus hari ini, kita berdoa memohon bantuan Allah agar menyadarkan kita akan tujuan akhir dari tugas dan tanggunjawab yang mungkin kelihatannya berbeda-beda, tetapi pada dasarnya semua tujuannya bermuara pada titik yang sama, yaitu menuju kebahagian kekal, hidup bersama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

Tidak ada komentar: