Minggu, 16 Juni 2019

Siro Senin, 17 Juni 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XI

Bacaan Injil
Mat 5:38-42

Janganlah melawan orang yang berbuat jahat kepadamu.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, "Kallian mendengar, bahwa dahulu disabdakan, 'Mata ganti mata; gigi ganti gigi.'Tetapi Aku berkata kepadamu, 'Janganlah kalian melawan orang yang berbuat jahat kepadamu. Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu, berilah pipi kirimu. Bila orang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Bila engkau dipaksa mengantarkan seseorang berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berikanlah kepada orang apa yang dimintanya, dan jangan menolak orang  yang mau meminjam sesuatu dari padamu."

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                      
Senin, 17 Juni 2019                                                                                                                             
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Kebaikan Bisa Mengubah Tingkah Laku Seseorang!                                                   
Matius 5: 38 -42

Saudara-saudari... Renungan yang akan saya bawakan hari ini saya ambil dari Buku Ziarah Bathin 2019. Saya sangat tertarik dengan ceriteranya dan juga isi renungannya. Bagi mereka yang sudah membacanya, anggaplah apa yang saya bawakan ini sebagai penyegaran bagi anda.

Saudara-saudari... Dalam satu adegan film Les Miserables, dikisahkan bahwa Jean Valjean, yang merupakan seorang narapidana yang dibebaskan dengan syarat, menerima kasih sayang dari uskup Myrel. Sang uskup memperkenankan Jean menginap di Katedral. Namun, Jean memanfaatkan kesempatan ini dengan menjarah perhiasan-perhiasan perak yang ada di dalam Katedral, sebelum akhirnya melarikan diri. Ia kemudian ditangkap oleh polisi dengan tuduhan mencuri dan dibawa kembali ke hadapan uskup. Jean mendadak kaget, sebab Uskup tidak menghukumnya. Ia jsutru mengatakan di hadapan polisi bahwa perhiasan-perhiasan perak itu memang sengaja diberikan olehnya untuk si narapidana. Ia dibebaskan. Pengampunan yang diterima dari sang Uskup mengubah hidup Jean selanjutmya.

Saudara-saudari... Kisah ini menunjukkan kepada kita hakekat sebetulnya dari pengampunan Kristen. Dalam diri sang Uskup, kita menemukan kebenaran dari kata-kata Yesus dalam Injil hari ini, “Kepada orang yang mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.”  Sabda ini merupakan upaya perlawanan terhadap hukum balas dendam, mata ganti mata, gigi ganti gigi. Yesus mengharapkan agar pengikut-pengikut-Nya bertindak kasih di hadapan kejahatan atau orang yang melakukan hal-hal buruk.  Itulah yang dihidupkan oleh tokoh Uskup Myriel dalam film Les Miserables. Kejahatan tidak mungkin lenyap dengan kejahatan. Kebaikan Uskup mengubah hidup Jean Valjean. Jean kemudian menjadi orang yang selalu mengupayakan kebaikan dalam hidup.

Saudara-saudari... Sabda Yesus hari ini merupakan ajaran tentang moralitas kehidupan. Sabda ini merupakan sebuah pengajaran bahwa sesungguhnya tindakan kasih itu memiliki daya untuk mengubah; kasih itu memiliki daya untuk menghidupkan. Mengasihi musuh atau mengasihi orang yang merugikan kita tentu merupakan hal yang rumit. Namun, cara pandang orang Kristiani harus berbeda dengan orang-orang lainnya. Seorang Kristiani memiliki keyakinan bahwa cinta kasih mampu mengubah dan membarui keadaan. Supaya hal rumit seperti ini bisa terjadi, maka kita butuh bantuan Tuhan. Hanya dengan bantuan Tuhan kita bisa wujudkan cinta kasih kepada orang yang menyakitkan kita.

Kita berdoa, semoga Tuhan beri kita kesabaran dan kekuatan agar apa yang Dia ajarkan dapat kita hayati dan amalkan dalam hidup harian kita.

Kita mohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

Tidak ada komentar: