Selasa, 11 Juni 2019

Siro Rabu, 5 Juni 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Paskah VII
PW S. Bonifasius, Uskup dan Martir

Bacaan Injil
Yoh 17:11b-19
Supaya mereka menjadi satu sama seperti kita.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam perjamuan malam terakhir
Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya,
"Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu,
yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku,
supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
Selama Aku bersama mereka,
Aku memelihara mereka dalam nama-Mu,
yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku.
Aku telah menjaga mereka,
dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa
selain dia yang telah ditentukan untuk binasa,
supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu.
Aku mengatakan semuanya ini
sementara Aku masih ada di dalam dunia,
supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.
Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka,
dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia,
sama seperti Aku bukan dari dunia.
Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia,
tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.
Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran;
firman-Mu adalah kebenaran.
Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia,
demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia.
Dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka,
supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.

Demikianlah Injil Tuhan.

=====================
SIRAMAN ROHANI
                                                                                                                 
Rabu, 05 Juni 2019                                                                                                                                    
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Kita adalah milik Allah Bapa dan sudah diberikanNya kepada Yesus Kristus!

(Yohanes 17:11-19)

Saudara-saudari... Pernahkah anda merasa bahagia karena anda sudah dipercayakan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita untuk menjalankan misiNya? Sadarkah anda bahwa anda adalah milik Allah Bapa dan sudah diberikanNya kepada Yesus Kristus? Siapakah yang mengatakan bahwa anda adalah milik Allah dan sudah diberikanNya kepada Yesus Kristus?

Kita sungguh bahagia karena Yesus Kristus sudah mempercayakan kita untuk meneruskan tugas muliaNya – menyelamatkan umat manusia dari kegelapan dosa. Sebagai orangtua dalam keluarga misalnya, Bapa-mama harus berbahagia karena kalian sudah memperkenalkan Yesus Kristus kepada anak-anak dan anak-anak anda sudah menjadi anggota Gereja yang sah, menjadi pengikut Yesus Kristus. Anda harus berbangga dan berbahagia karena nilai-nilai Injil Kristus sudah anda perkenalkan dan hidupkan dalam keluarga, sehingga anak-anak sudah mengetahui apa artinya menjadi orang Kristen.

Sebagai murid Kristus, seperti anak sekolah yang sudah berhasil meraih prestasi tinggi dalam pendidikan dan sudah membahagiakan guru dan orangtua, kita pun sudah membahagiakan Yesus Kristus berkat ketekunan dan kesetiaan kita dalam menjalankan tugasNya.

Hari ini Yesus Kristus berdoa agar kita, yang adalah penerus misiNya di dunia ini, selalu dilindungi dari kekuatan Setan, selalu satu dengan Dia dan tetap tekun menjalankan tugas perutusanNya. Misi keselamatan Kristus sungguh bergantung pada para muridNya yang masih berada di dunia ini. Ia membutuhkan kita untuk menyuarakan pesan dan ajaranNya.

Kita adalah milik Allah Bapa dan Dia sudah memberikan kita kepada Yesus Kristus, Putera-Nya. Kemarin dalam Injil Yohanes 17:9 Yesus katakan: “Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.” Satu pernyataan yang sangat membahagiakan kita. Kita adalah milik Tuhan dan sudah menjadi hadiah terindah dari Allah Bapa untuk Yesus kristus. Kemudian Yesus Kristus menjadikan kita sebagai pekerjaNya, untuk meneruskan misi keselamatanNya di dunia ini.

Yesus Kristus sendirilah yang katakan bahwa kita adalah milik Allah Bapa dan sudah diberikan Bapa kepadaNya. 
Bagaimana tanggapan dan perasaan kita sewaktu mendengar pernyataan Yesus Kristus bahwa kita adalah milik Allah Bapa dan hadiah Allah Bapa untuk Yesus Kristus? Secara pribadi, saya sungguh merasa bahagia karena saya adalah milik Tuhan. Sebagai milik Tuhan saya merasa nyaman dalam perlindunganNya; saya juga merasa bahagia karena sudah diberikan oleh Bapa kepada Yesus Kristus. Saya sudah menjadi bawahan Yesus Kristus. Ialah yang bertanggungjawab atas hidup saya.  

Kita berdoa semoga Tuhan selalu meneguhkan iman kita agar kita selalu menjadi milik-Nya dan selalu setia mengikuti perintah Yesus Kristus.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita agar kita selalu setia dan taat kepada Allah Bapa dan menjadi pengikut Yesus Kristus yang bertanggungjawab dan tekun menjalankan tugasNya. Amen!

Tidak ada komentar: