Minggu, 02 Desember 2018

Siro Minggu, 2 Des 18

Bacaan Liturgi 02 Desember 2018

Hari Minggu Adven I

Bacaan Injil
Luk 21:25-28.34-36

Penyelamatanmu sudah dekat.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Akan tampak tanda-tanda pada matahari, pada bulan dan bintang-bintang,dan pada bumi. Bangsa-bangsa di bumi akan ketakutan dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena cemas berhubung dengan segala sesuatu yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan bergoncangan.
 
Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat. Oleh karena itu, jagalah dirimu, jangan sampai hatimu sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi, dan jangan sampai hari Tuhan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
 
Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Demikianlah sabda Tuhan.
====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                            
Minggu, 02 Desember 2018                                                                                                     
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Siapkan Hati Dan Pikiran Untuk Menyambut Kedatangan Tuhan!
Lukas 21: 25-28.34 -36

Saudara-saudari.... Pada bulan November 2018, yang lalu, Papua New Guinea menyambut kedatangan 20-an pemimpin negara Asia Pasifik, yang mengikuti pertemuan APEC di Port Moresby, ibu kota  negara Papua New Guinea. Sebelum pertemuan APEC ini terjadi, pemerintah PNG bekerja keras menyiapkan segala sesuatu. Yang paling nyata adalah pembangunan gedung pertemuan APEC di atas laut dan perbaikan-perbaikan jalan di dalam kota. Kami yang tinggal di kota Port Moresby sangat merasakan perjuangan pemerintah dalam rangka mensukseskan pertemuan APEC ini. Semua anggota Gereja pun turut mendukung persiapan pertemuan ini dengan doa. Di gereja-gereja, apa pun sektenya, mendoakan kesuksesan pertemuan besarnya. Badan keamanan pun dengan segala caranya turut menyebar luaskan peringatan kepada masyarakat supaya turut mendukung pertemuan APEC dengan menciptakan suasana aman dan damai, sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud dengan baik. Puji Tuhan pertemuan APEC diselenggarakan dengan baik.
Saudara-saudari... Hari ini Gereja universal mengawali masa Advent, masa persiapan menyambut kedatangan Mesias. Dalam masa persiapan ini hendaknya kita mempersiapkan hati dan pikiran kita sesuai dengan yang diharapkan Tuhan. Kita mengisi moment ini tidak dengan pesta pora dan segala kepentingan dunia, tetapi dengan doa yang tekun dan cinta kasih yang penuh. Kita berharap, semoga kelak ketika Tuhan datang, Ia mendapati kita hidup aman dan damai sebagai saudara; keadaan rumah hati dan pikiran kita bersih dan rapih, sehingga Tuhan pantas dan layak menjadi tamu hati kita. Semoga Tuhan juga menunjukkan kekuasaan dan kemuliaan-Nya dalam menyelamatkan kita.

Kita berdoa, semoga selama masa Advent ini, Tuhan menyucikan hati dan pikiran kita, agar kita layak menyambut kedatangan Kristus, Putera-Nya, dengan hati yang suci dan pikiran yang berkenan pada Tuhan.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

Tidak ada komentar: