Sabtu, 08 Desember 2018

Siro Minggu, 9 Des 18


Bacaan Liturgi

Hari Minggu Adven II

Bacaan Injil
Luk 3:1-6

Semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Dalam tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, menjadi raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja wilayah Abilene; pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Agung, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan, "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis!
 
Maka Allah akan mengampuni dosamu, seperti ada tertulis dalam nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.Setiap lembah akan ditimbun, setiap gunung dan bukit akan menjadi rata. Yang berliku-liku akan diluruskan,
yang berlekuk-lekuk akan diratakan. Dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."

Demikianlah sabda Tuhan.
=====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                       Minggu, 09 Desember 2018                                                                                                                
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Persiapkanlah Jalan Untuk Tuhan!
Lukas 3: 1- 6

Saudara-saudari... Hari ini kita memasuki hari Minggu kedua masa advent. Masa advent adalah masa penantian. Kita menantikan kedatangan Yesus Kristus, baik kedatangannya yang kedua pada akhir zaman, maupun peringatan kedatangan-Nya yang pertama, yang kita rayakan tanggal 25 Desember nanti. 

Saudara-saudari...  kalau kita ke mall-mall sekarang ini, di sana kita saksikan begitu banyak perhiasan Natal; kita mendengar lagu-lagu Natal; di sana ada bungkusan-bungkusan hadiah Natal, yang dapat kita beli sebagai hadiah Natal untuk sesama kita. Kita berterima kasih kepada para pemilik toko atau mall yang sudah menyadarkan kita, bahwa perayaan Natal akan segera tiba.

Pertanyaan kita: Apakah tawaran itu turut mempengaruhi kesadaran iman kita untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan? 
Apa yang harus kita buat dalam rangka menyambut kedatangan Tuhan? Yohanes Pembaptis hari ini dengan suara kenabiaannya mengajak kita untuk bertobat dan Allah akan mengampuni dosa kita. Nabi Yesaya berkata: “Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya.” Maksudnya, kita harus hidup jujur, ngomong lurus, bertingkah laku lurus. Tidak perlu memupuk tingkahlaku yang berliku-liku, bersikap pura-pura, berbicara menggok kiri menggok kanan, yang bertujuan untuk mengelabui pikiran sesama. Dalam persiapan menyambut kedatangan Kristus, kita harus ngomong jujur dan benar, ngomong yang perlu, tidak usah berbasa-basi. Betapa sering di saat kita marah atau kecewah, kita berbicara manis dan sopan kepada lawan bicara, agar ia tidak merasa sakit hati, sementara hati kita tetap merasa sakit. Kita menipu diri tetapi konsekwensinya kita sendiri yang akan merasa sakit.

Marilah saudara-saudari... Dalam rangkah menyiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan: kita harus luruskan tingkah laku kita; tidak perlu memupuk tingkahlaku yang berlekak-lekuk, tidak perlu menipu diri dan sesama, tidak sombong dan berpura-pura, agar dengan demikian Kristus merasa bahagia bersemayam dalam diri kita. 

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita, agar kita selalu hidup jujur baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap sesama dan Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar: