Kamis, 11 April 2019

Siro Jumat, 12 April 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Prapaskah V

Bacaan Injil
Yoh 10:31-42

Orang-orang Yahudi mencoba menangkap Yesus, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yonahes:

Sekali peristiwa orang-orang Yahudi mau melempari Yesus dengan batu. Tetapi kata Yesus kepada mereka, "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku Kuperlihatkan kepadamu; manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku dengan batu? Jawab orang-orang Yahudi itu, "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah, dan karena Engkau menyamakan diri-Mu dengan Allah, meskipun Engkau hanya seorang manusia."

Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Tauratmu 'Aku telah berfirman: Kamu adalah allah?' Padahal Kitab Suci tidak dapat dibatalkan! Maka, Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah,masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah kamu percaya kepada-Ku.Tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa ada dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."Sekali lagi mereka mencoba menangkap Yesus, tetapi Ia luput dari tangan mereka.Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes dulu membaptis orang, lalu Ia tinggal di situ.

Banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar." Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

=====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                 
Jumat, 12 April 2019                                                                                                                              
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Berpegang Teguhlah Pada Kebenaran Yang Diajarkan Kristus!
Yohanes 10:31 - 42

Saudara-saudari... Saya mengenal seorang bapa yang cepat sekali marah kalau ada sesuatu yang mengganggu dia, entah karena perbedaan pikiran atau apa saja. Latar-belakang pendidikan dari bapa ini sangatlah sederhana, tetapi kadang ia menakut-nakuti orang dengan suaranya yang keras dan besar. Saya amati bahwa ia sering menggunakan suara besar dan sikap agresifnya untuk mengalahkan orang lain. Sikapnya yang agresip ini dimanfaatkannya sebagai mekanisme  pembelaan dirinya. Menurut Mahatma Gandhi kekerasan adalah senjata dari mereka yang lemah; dari yang kekurangan pendidikan dan dari mereka yang kurang bijaksana.

Hari ini kita kembali mendengar reaksi orang Yahudi terhadap Yesus. Mereka mau melempari Yesus dengan batu. Yesus menantang mereka dengan berkata: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang kuperlihatkan kepadamu, pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?”

Yesus dalam kenyataannya sudah menyembuhkan orang sakit; membuka mata orang buta, membuka lida dan telinga dari mereka yang bisu tuli, membuat orang lumpuh bisa berjalan kembali, membersihkan dan menyembuhkan mereka yang kena penyakit kusta. Penyembuhan yang dibuat Yesus adalah ungkapan kehadiran Tuhan dalam diri-Nya. Semua pekerjaan itu adalah baik untuk manusia dan baik untuk Yesus karena memang itulah tujuan kedatanganNya ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia. Lewat pekerjaan itu, manusia sesungguhnya harus berterima kasih kepada Yesus. Jadi tidak ada alasan untuk melempari Dia dengan batu.
Sewaktu Yesus menantang mereka, mereka menjawab: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekali pun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.”
Di sini kembali kita melihat, betapa terbatasnya konsep orang Yahudi tentang identitas Yesus Kristus. Bagi mereka, Yesus cumalah manusia saja. Bagi mereka Yesus bukanlah Mesias/Putera Allah. Karena itu mereka tetap mau menangkap dan membunuhNya karena Ia sudah menghujat Allah.

Kalau saja mereka amati dan analisis semua pekerjaan Yesus: menyembuhkan orang sakit dengan segala penyakitnya; menghidupkan orang mati, mengubah air menjadi anggur, memperbanyakkan roti dan ikan, dan masih banyak mujizat yang sudah dibuatNya, semua pekerjaan ini sesungguhnya tidak bisa dibuat oleh manusia biasa. Hanya Tuhan yang bisa mengerjakan semuanya ini. Kasihan bahwa mata hati orang Yahudi tetap buta melihat semuanya ini. Karena kekurangan pengetahuan dan tidak percaya akan Yesus, mereka menggunakan kekerasan untuk mengalahkan Yesus Kristus. Mereka sama sekali tidak bijaksana dan tidak terbuka hatinya melihat secara teliti dan bersikap positip akan apa yang dibuat Yesus Kristus. Mata hati mereka sungguh tertutup melihat apa di  balik mujizat yang dikerjakan Yesus Kristus. Mereka hanya berpikir bahwa mujizat yang dilakukan Yesus adalah hasil kreasi manusia belaka.

Saudara-saudari... Marilah kita bertanya diri:   Bagaimana sikap kita waktu berdiskusi dengan orang lain: apakah kita selalu siap mendengar pendapat sesama dengan pikiran yg positip? Kalau pendapat kita ditantang oleh orang lain, bagaimana reaksi kita? Apakah kita menerimanya dengan baik dan senang hati atau kita menyerang orang yang menantang pendapat kita dengan sikap yang sangat agresip dan suara besar? Siapakah Yesus Kristus menurut pengalaman pribadi kita? Siapakah kita di mata Yesus Kristus?

Bersama Bunda Maria kita berdoa: Tuhan teguhkanlah iman kami, semoga semoga kami selalu berpegang teguh pada kebenaran yang diajarkan-Mu agar kami pun boleh menikmati kebahagian kekal di hari akhirat. Amen.

Tidak ada komentar: