Minggu, 21 April 2019

Siro Minggu, 21 April 19

Bacaan Liturgi

Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan

Bacaan Injil
Yoh 20:1-9

Yesus harus bangkit dari antara orang mati.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Pada hari pertama minggu itu,
pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,
pergilah Maria Magdalena ke kubur Yesus,
dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Maka ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus
dan murid yang lain yang dikasihi Yesus.
Ia berkata kepada mereka,
"Tuhan telah diambil orang dari kuburnya,
dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."

Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
Keduanya berlari bersama-sama,
tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus,
sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
Ia menjenguk ke dalam,
dan melihat kain kapan terletak di tanah;
akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
Maka tibalah juga Simon Petrus menyusul dia,
dan masuk ke dalam kubur itu.
Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus
tidak terletak dekat kain kapan itu,
tetapi agak di samping,
di tempat yang lain,
dan sudah tergulung.
Maka masuklah juga murid yang lain,
yang lebih dahulu sampai di kubur itu;
ia melihatnya dan percaya.
Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci,
yang mengatakan bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                MINGGU PASKAH 21 APRIL 2019                                                                                          PR.Fredy Jehadin SVD

Tema: Bersukacitalah Selalu, Yesus Kristus Sudah Bangkit Dari Kematian!                
Yohanes 20:1 – 9

Saudara-saudari... Hari ini saya sungguh merasa bahagia dan penuh sukacita; dan saya yakin, saudara-saudari juga, karena Saudara kita, Yesus Kristus hidup kembali dari kematianNya. Sebagai umat beriman yang percaya kepada Yesus Kristus, kita semua diteguhkan bahwa satu waktu kita pun akan alami pengalaman yang sama, di mana Tuhan kita akan membangkitkan kita dari kematian.
Kebangkitan kristus sungguh mendatangkan sukacita besar bagi kita. Ia telah menghancurkan kematian dan memulihkan kehidupan. Artinya bahwa berkat kebangkitan Kristus kita tidak lagi dikuasai oleh Setan. Kematian yang disebabkan oleh kejatuhan Adam dan Hawa, kini dipulihkan kembali berkat kebangkitan Kristus. Kristuslah yang menghantar kita kembali kepada Bapa, sumber kehidupan. Tetapi bukan berarti Setan sudah tinggalkan kita dan tidak akan mengganggu kita lagi, sama sekali tidak. Setan akan tetap berjuang menarik kita. Tetapi karena kita sudah menjadi milik Kristus, dan kalau kita selalu dan tetap bersatu dengan Yesus Kristus dalam hidup kita itu berarti Setan tidak mungkin akan berhasil menguasai kita.  Karena itu, bersatulah selalu dengan Yesus kristus yang sudah mengalahkan Setan. Bersama Kristus kita akan selalu menang.

Saudara-saudari... Satu pesan Paskah yang sangat dirasakan oleh para Rasul dan Murid Kristus pada hari kebangkitanNya adalah Sukacita! Berita tentang kebangkitan Kristus sungguh mendatangkan sukacita besar di kalangan para Rasul dan MuridNya. Mereka merasa diri sudah menang karena Pemimpin mereka, Yesus Kristus sudah menang. Satu bukti yang sangat kuat bahwa Ia adalah Putera Allah. Kebangkitan dari kematiaan adalah satu mujizat yang sangat luar biasa. Hanya Tuhan yang bisa mengadakan mujizat ini. Sejak waktu itu para rasul dan murid Kristus merasa diri sebagai satu kelompok yang penuh sukacita dan karena tingkahlaku mereka banyak orang yang merasa tertarik mengikuti mereka.

Sebagai orang Kristen, kita semua sesungguhnya termasuk orang yang penuh sukacita. Banyak alasan mengapa kita termasuk kelompok penuh sukacita: antara lain: Tuhan Allah, Pencipta kita selalu hidup dalam diri kita; Roh Kudus selalu mendampingi kita; Pemimpin kita adalah Yesus kristus yang sudah mengalahkan kematian; Yesus Kristus sudah katakan kepada kita: Jangan takut! Ia akan selalu menyertai kita sampai akhir jaman. Ia sudah menyiapkan kamar untuk kita dan Ia selalu menantikan kedatangan kita! Santu Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Filipi katakan: “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi saya katakan bersukacitalah! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah segala keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Fil 4:4-6). Bersukacitalah!
Sukacita adalah buah Roh Kudus; Sukacita adalah obat bagi jiwa dan pikiran kita. Sukacita membuat wajah kita segar dan sehat; sukacita membuat pikiran kita selalu terarah dan hati kita terasa nyaman. Sebaliknya mengeluh hanya menyebakan hidup dan pikiran kita jadi lebih berat. Nikmatilah ritme masalah yang dihadapi. Bukankah Tuhan kita Mahakuasa?

Marilah saudara-saudari... Bersukacitalah selalu, Yesus Kristus Tuhan kita sudah bangkit dari kematian. Ia sudah mengalahkan kematian!

Kita berdoa semoga Rahmat Kebangkitan Kristus membaharui semangat kita sehingga kita selalu sanggup menjadi Saksi Kristus, pembawa sukacita, kepada sesama kita!

Kita mohon Bunda Maria untuk mendoakan kita.

Selamat Hari Raya Paskah buat saudara-saudari sekalian. Alleluaya – Alleluya. Amen!

Tidak ada komentar: