Senin, 08 April 2019

Siro Selasa, 09 April 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Pekan Prapaskah V

Bacaan Injil
Yoh 8:21-30

Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu bahwa Akulah Dia.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang banyak, "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku; tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang."

Maka kata orang-orang Yahudi itu, "Apakah Ia mau bunuh diri, dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?" Lalu Yesus berkata kepada mereka, "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Maka kata mereka kepada-Nya, "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka, "Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu? Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu. Akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itulah yang Kukatakan kepada dunia."Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

Maka kata Yesus, "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.Dan Ia yang telah mengutus Aku, menyertai Aku! Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepadaNya."Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                   
Selasa, 09 April 2019                                                                                                                              
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Kritus Adalah Tuhan Dan Penebus Kita, Percayalah Selalu PadaNya!
Yohanes 8:21 - 30

Saudara-saudari... Lewat InjilNya hari ini, Yesus Kristus berbicara cukup keras kepada para pendengar khususnya kepada mereka yang selalu meminta identitasNya: “Siapakah Engkau?” Sudah berulangkali Yesus menjelaskan kepada mereka, siapakah Dia tetapi mereka tetap tidak percaya kepadaNya. Karena itu dalam nada kecewa Ia berkata kepada mereka: “Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu? Banyak yang harus kukatakan dan kuhakimi tentang kamu, akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang kudengar dari padaNya, itu yang kukatakan kepada dunia.”
Yesus mengingatkan mereka kembali kataNya: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.” Pernyataan ini disampaikan Yesus dengan maksud agar hati dan pikiran mereka terbuka bahwa Ia adalah Mesias yang sudah dijanjikan Allah dan kini hadir di tengah manusia. Dengan sengaja Ia katakan bahwa Ia dari atas maksudnya Ia dari Surga, bukan dari Dunia. Itu berarti Ia adalah Mesias yang diutus Bapa dari Surga untuk menebus manusia. Ia bukan berasal dari dunia. Tetapi pernyataan Yesus tetap tidak diterima. Konsep pemikiran mereka tentang Mesias tetap sama, bahwa Mesias datang dengan segala kemuliaanNya dan penuh kuasa. Karena ketidak percayaan mereka maka Yesus dengan tegas katakan: “Karena kamu tidak percaya maka kamu akan mati dalam dosamu.”  Ketidak percayaan mereka kepada Yesus akan membuat mereka binasa.

Saudara-saudari... Apa kira-kira pesan Injil yang mau disampaikan kepada kita hari ini?
Dari permenungan pribadi saya menemukan dua pesan utama:

1) Dalam masa prapaskah ini kita perlu sekali membaharui iman kita bahwa dalam diri Yesus Kristus ada dua kebenaran utama yang harus kita terima yaitu Ia sebagai manusia dan sebagai Allah. Sebagai manusia Ia sudah mengalami suka duka hidup manusia: merasa dikecewakan; merasa ditolak oleh sesama manusia; merasa tidak dipercayai; merasa lapar, haus, sakit dll. Ia sudah alami itu semuanya dan mengerti apa artinya hidup sebagai manusia. Karena itu sebagai manusia kita pun diharapkan untuk selalu ungkapkan apa yang kita rasakan kepada Yesus Kristus. Ia sangat memahami kebutuhan kita. Sebagai Allah, Ia punya kuasa untuk memenuhi apa saja yang kita butuhkan. Ia bisa menjadikan yang tidak mungkin bagi manusia tetapi bagiNya segalanya mungkin. Karena itu dekatilah Dia selalu, ungkapkan apa yang kita rasakan dan butuhkan.

2) Percayalah selalu kepada Yesus Kristus. Kepercayaan kita akan mendatangkan keselamatan bagi kita. Sebaliknya menolak Dia akan mendatangkan bencana. Karena itu Yesus mengharapkan agar kita selalu setia padaNya dan perkuatkan iman kita padaNya. Ia adalah Tuhan dan Penebus kita. 

Marilah saudara-saudari...Bersama Bunda Maria kita berdoa: Tuhan kuatkanlah iman dan cinta kami kepada-Mu agar kami boleh berbahagia bersama Engkau di saat ziarah kami di dunia ini berakhir. Amen.

Tidak ada komentar: