Sabtu, 21 Desember 2019

Siro Sabtu,21 Desember 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa Khusus Adven
PF S. Petrus Kanisius, Imam dan Pujangga gereja

Bacaan Injil
Luk 1:39-45

Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, bergegaslah Maria ke pegunungan menuju sebuah kota di wilayah Yehuda. Ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 

Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya, dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring, "Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Sungguh, berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana." 

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                       Sabtu, 21 Desember 2019                                                                                                                    
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Saling Mengunjungi Dan Membagi Sukacita                                                                  
Lukas 1: 39 - 45

Saudara-saudari… Hari ini kita mendengar kisah bahagia yang dialami Bunda Maria dan Elisabet. Bunda Maria mengunjungi Elisabet untuk membagi pengalaman istimewahnya kepada-nya sesudah mendapat pemberitahuan Malaikat bahwa ia akan mengandung seorang anak laki-laki dan Dia adalah Putera Allah; selain itu, dia juga mau merasakan kebahagian yang lagi dialami oleh Elisabet, bahwa Elisabet yang dianggap mandul itu kini sudah mengandung seorang anak. Maria juga sudah membayangkan kesulitan yang lagi dialami Elisabet dalam urusan rumah tangga, hamil sudah enam bulan, pasti membutuhkan banyak bantuan. Maria mau membantunya dengan penuh sukacita.
Ketika Elisabet mendengar Salam Maria, melonjaklah anak dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.” Dari pernyataan Elisabet ini, terungkap dengan sangat jelas bahwa Maria bukanlah seorang wanita biasa, tetapi ia adalah seorang wanita yang diberkati Tuhan. Ia adalah ibu Tuhan. Kata-kata pujian yang keluar dari mulut Elisabet sesungguhnya bukanlah buah bibir Elisabet, tetapi Roh Kuduslah yang berbicara lewat mulut Elisabet. Elisabet dengan spontan katakan pada Maria, bahwa anak yang di dalam rahimnya pun turut melonjak kegirangan sesudah mendengar salam Bunda Maria. 

Saudara-saudari… Pesan yang sangat penting dari Kunjungan Maria ke Elizabet untuk kita adalah bahwa Elizabet, yang sudah dikuasai Roh Kudus, mengakui secara resmi bahwa Maria adalah Bunda Allah dan ia adalah wanita yang terberkati dari semua wanita di bawa kolong langit. 

Selain pesan penting ini, berikut ada beberapa hal yang mungkin baik kita pelajari dari Injil hari ini sebagai bahan permenungan persiapan menyambut Pesta Natal?: 
1) Rajin-rajinlah mengunjungi sesama. Kunjungan kita mungkin akan mendatangkan kebahagiaan bagi keluarga yang kita kunjungi. 
2) Dengan tulus mengakui kelebihan sesama. Apapun yang kita alami dan lihat dalam diri sesama, ungkapkan itu dengan jujur dan tulus. Terimalah pujian dan ungkapan isi hati dari sesama dengan tulus hati. 
3) Pupukilah sikap saling meneguhkan dan siap sedialah selalu untuk menolong sesama, secara khusus bagi mereka yang sangat membutuhkan pertolongan kita. 

Kita berdoa semoga contoh hidup Bunda Maria dan Elizabet selalu menjadi inspirasi hidup kita.

Kita memohon Bunda Maria dan St. Elisabet untuk mendoakan kita. Amen.

Tidak ada komentar: