Senin, 02 Desember 2019

Siro Selasa, 03 Desember 19

Bacaan Liturgi 

Pesta S. Fransiskus Xaverius, Imam dan Pelindung Karya Misi

Bacaan Injil
Mrk 16:15-20

Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                         Selasa, 03 Desember 2019                                                                                                                       RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Tuhan Mempercayakan Kita Untuk Meneruskan Karya KeselamatanNya! 

Markus 16: 15 - 20

Saudara-saudari... Sebelum Yesus Kristus kembali ke Rumah Bapa, Ia memberi perintah kepada para murid-muridNya dengan berkata: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, siapa yang tidak percaya akan dihukum.” Dari perintah ini, terungkap beberapa pesan yang perlu kita renungkan. 

1) Yesus Kristus mengharapkan agar karya keselamatanNya harus diteruskan agar semakin banyak orang percaya kepadaNya dan dipermandikan supaya diselamatkan. 

2) Yesus Kristus juga sadar bahwa tidak semua orang akan percaya kepadaNya walaupun para murid-muridNya berusaha mewartakan kabar gembira itu kepada semua bangsa. 

3) Yesus Kristus dengan tegas katakan bahwa barang siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan dan siapa yang tidak percaya akan dihukum. 

4) Lewat perintah perutusan ini, Yesus Kristus percaya bahwa para murid-muridNya bisa menjalankan karya keselamatan Tuhan walaupun secara fisik Ia sendiri tidak hadir di tengah para muridNya. 
Sesudah memberi perintah kepada para muridNya, Ia juga memberikan jaminan bahwa Roh Tuhan akan turut hadir dalam diri para pewarta kabar gembira. KataNya: “Kamu akan mengusir setan demi namaku; kamu akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru; kamu akan memegang ular; kamu akan meletakan tanganmu atas orang sakit dan mereka akan sembuh.”
  
Saudara-saudari... Kalau kita renungkan apa yang dikatakan Yesus Kristus ini, kata-katanya sudah menjadi kenyataan.  Banyak pewarta kabar gembira mendapat kekuatan Tuhan untuk mengusir setan; banyak pewarta kabar gembira lewat bahasa yang sudah diilhami oleh Roh Kudus, bahasa pewartaannya menyentuh hati banyak orang; banyak pewarta kabar gembira,  berkat kekuatan Roh Kudus lewat penumpangan tangan mereka orang sakit mengalami kesembuhan.   Kata-kata dan pesan Yesus Kristus selalu membuahkan hasil. Apa yang dikatakannya selalu menjadi kenyataan dalam diri mereka yang sungguh percaya kepadaNya.

Hari ini, kita merayakan Pesta Santo Fransiskus Xaverius. Nama santo Fransiskus Xaverius bukanlah nama asing bagi kita. Ia seorang misionaris Yesuit yang ulung. Ia menjelajahi banyak tempat di Asia, khususnya India, Sri Langka, Malaka dan Indonesia.   
Tahun 1546, Ia berlayar dengan kapal dagang ke gugusan kepulauan di Indonesia bagian Timur terutama di Maluku. Ia mengikuti apa yang diperintahkan Yesus Kristus hari ini: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala mahluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, siapa yang tidak percaya akan dihukum.”  

Pertanyaan untuk kita: Bagaimana tanggapan kita akan perintah Yesus Kristus hari ini? Apakah kita, dengan cara kita masing-masing tetap mewartakan kabar gembira Tuhan kepada sesama kita?

Marilah  saudara-saudari.. Pada masa Adventus ini kita kembali tingkatkan semangat kita untuk mewartakan Tuhan lewat cara-cara dan kemampuan kita masing-masing. Tuhan sudah mempercayakan kita untuk meneruskan karya keselamatanNya. Ia selalu hidup dalam diri kita. Mewartakan Tuhan lewat tegur sapa, lewat sms yang bisa meneguhkan hati dan iman sesama dan lewat melayani sesama yang sangat membutuhkan bantuan kita adalah bentuk persiapan kita dalam rangka menyambut kedatanganNya. Semoga Tuhan senantiasa menemui kita di saat kita selalu berjaga-jaga melayani Dia, lewat sesama kita.

Kita memohon Santo Fransiskus Xaverius dan Bunda Maria untuk mendoakan kita agar kita pun selalu menjalankan perintah Tuhan dengan penuh tanggungjawab. Amin.

Tidak ada komentar: