Senin, 10 Februari 2020

Siro Senin, 10 February 2020

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa V
PW S. Skolastika, Perawan

Bacaan Injil
Mrk 6:53-56

Semua orang yang menjamah Yesus, menjadi sembuh.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. Ke mana pun Yesus pergi, - ke desa-desa, ke kota-kota atau ke kampung-kampung -, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar pasardan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                      
Senin, 10 Februari 2020                                                                                                                    
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Iman Dan Keterbukaan Pada Tuhan Menyelamatkan Kita!
(Markus 6:53 – 56)

Saudara-saudari… Injil hari ini menceriterakan kebaikan Tuhan. Ketika Yesus keluar dari Perahu, orang segera datang mendekati Dia. Orang berlarian menceriterakan kepada banyak orang bahwa Yesus datang. Mereka membawa orang sakit. Malah ada orang sakit yang diletakkan di pasar agar Yesus menjamah mereka. Apa yang dilakukan Yesus Kristus sungguh mau melukiskan hakekat Tuhan, bahwa Tuhan selalu memberi apa yang dibutuhkan manusia. Yesus sungguh sadar akan maksud dan tujuan kedatangannya ke dunia ini, yaitu untuk menyelamatkan manusia dan membawa manusia kembali kepada Tuhan. 
Saudara-saudari…. Apa yang mendorong orang-orang ini percaya pada Yesus? Yesus punya kuasa dari dalam dirinya sendiri; Yesus selalu siap melayani; Yesus selalu menerima siapa saja yang datang padaNya, Dia tidak pernah menolak siapa saja; Yesus selalu mendengarkan dan menjawab kebutuhan orang yang datang padaNya.  
Sungguh, Yesus punya kuasa. Barangsiapa percaya padaNya akan mendapat keselamatan. Tetapi yang menarik pada Yesus adalah, walaupun Dia punya kuasa, tetapi Dia tidak memanfaatkan kuasanya sesuka hati. Buah kekuasaannya dalam diri seseorang sangat bergantung pada ketebukaan dan iman dari setiap pribadi. Tuhan sama sekali tidak memaksakan kehendaknnya ke atas diri manusia. Tuhan selalu menghargai kebebasan manusia. Barangsiapa percaya dan menerima tawaran Tuhan dan percaya padaNya maka ia akan selamat; tetapi kalau manusia menolak Tuhan, maka kuasa Tuhan tidak akan bekerja dalam diri manusia. 

Hari ini kita mendengar bahwa banyak orang sakit disembuhkan; malah ada yang hanya karena menyentuh jubahnya, mereka alami kesembuhan. Jadi kuncinya pada keterbukaan orang yang sangat merindukan kesembuhan oleh kekuatan dan kuasa Tuhan. 

Marilah saudara-saudari…Tuhan adalah Pencipta kita dan kita adalah miliknya. Tidak ada yang tidak mungkin baginya. Segalanya mungkin terjadi. Sadar akan kekuatan dan kuasa Tuhan, marilah kita selalu terbuka padaNya, dan berilah diri kita seutuhnya dan biarkanlah Dia selalu bekerja dalam diri kita. Kepercayaan dan iman kita padaNya akan menyelamatkan kita.

Kita berdoa semoga Tuhan senantiasa menguatkan iman kita dan kita pun selalu setia padaNya.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

Tidak ada komentar: