Rabu, 14 November 2018

Siro Kamis, 15 Nov 18

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XXXII

PF S. Albertus Agung, Uskup dan Pujangga Gereja
Bacaan Injil
Luk 17:20-25

Kerajaan Allah sudah ada di tengah-tengahmu.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Sekali peristiwa orang-orang Farisi bertanya kepada Yesus, kapan Kerajaan Allah datang. Yesus menjawab, "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah. Tidak dapat dikatakan, "Lihat, ia ada di sini' atau 'ia ada di sana.' Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah sudah ada di di tengah-tengahmu."

Yesus berkata kepada para murid, "Akan datang waktunya kalian ingin melihat salah satu hari Anak Manusia itu. Tetapi kalian tidak akan melihatnya.Orang akan berkata kepadamu, 'Lihat dia ada di sana! Lihat dia ada di sini! 'Tetapi jangan kalian pergi ke situ, jangan kalian ikut.Sebab seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah halnya Anak Manusia, pada hari kedatangan-Nya kelak.

Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini."

Demikianlah sabda Tuhan.

=====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                 
Kamis, 15 November 2018                                                                                                       
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Kerajaan Allah Ada Di Antara Kita!    
Lukas 17: 20-25

Saudara-saudari... Hari ini orang Farisi bertanya kepada Yesus: “Kapan kerajaan Allah datang?” Yesus menjawab, “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah. Juga orang tidak dapat mengatakan: lihat, ia ada di sini, atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya kerajaan Allah ada di antara kamu.”
Kalau kita ikuti dengan teliti jawaban Yesus kepada orang Farisi ini, jawaban-Nya membingungkan. Di satu sisi Ia katakan: kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah; sementara di sisi lain Ia katakan:  Sesungguhnya kerajaan Allah ada di antara kamu!
Apa sebenarnya yang dimasksudkan Yesus, dengan mengatakan: Kerajaan Allah ada di antara kamu? Menurut penafsir Kitab Suci, dari jawaban Yesus ada dua pesan yang mau disampaikanNya: 
1) Kerajaan Allah ada di dalam diri orang yang percaya. Itu berarti Kerajaan Allah bekerja di dalam hati setiap orang yang percaya. Ia membawa perubahan dari dalam diri manusia; merubah cara hidup seseorang; memberi semangat baru kepada seseorang dari dalam. Allah sendirilah yang bekerja di dalam diri manusia dan pribadi bersangkutan merasakan apa yang sedang terjadi di dalam dirinya dan ia pun turut berubah.
2) Kerajaan Allah sesungguhnya ada di antara manusia. Kerajaan Allah yang dimaksudkan di sini adalah diri Yesus Kristus sendiri. Kerajaan Allah sudah menyatu dengan pribadi Yesus Kristus. Ia, yang sejak awal mula, sudah ada bersama Bapa dalam kerajaan surga, kini menjadi manusia dan tingal di antara kita umat manusia. Ia adalah Mesias, yang sudah dijanjikan Allah, datang untuk menyelamatkan manusia tetapi manusia tetap tidak mengenal-Nya. 
Dengan pernyataan ini, Yesus secara tidak langsung mau mengatakan kepada para pendengar, bahwa Pemenuhan janji Allah dan Rahasia kerajaan Allah, yang sulit dipahami oleh pikiran manusia, kini dipenuhi dalam diri Yesus Kristus, yang hidup dan sudah ada di tengah  manusia, tetapi manusia tetap tidak menerimanya.

Saudara-saudari... Sewaktu Yesus berkata, bahwa anak manusia ada di antara kita, bagaimana reaksi kita? Apakah kita sudah merasakan kehadiran Kerajaan Allah di antara kita? Apakah kita selalu alami sukacita, rasa damai, bahagia, saling menghargai dan mengampuni dalam hidup bersama? Apakah kita betul merasakan bahwa Ia ada di dalam diri kita? Apa bukti nyata bahwa Yesus betul ada dalam diri kita? 

Saudara-saudari... Hari ini Yesus juga katakan, bahwa kedatangan Anak Manusia kelak tidak diawali dengan proses alamiah; tidak ada pengumuman dan tanda-tanda agar manusia pelan-pelan menyiapkan diri. Sesudah Yesus naik ke surga, sudah banyak muncul nabi-nabi palsu yang katakan: “Yesus Kristus datang pada tanggal sekian”; ada yang katakan, “lihat ini tanda-tandanya;  lihat itu tanda-tandanya.” Hari ini Yesus dengan tegas ingatkan para murid-Nya, “Jangan kalian percaya dan pergi.” Yang perlu kita buat adalah supaya selalu berjaga-jaga; selalu berdoa sambil melakukan karya amal untuk sesama sebagai perwujudan iman kita.

Kita berdoa, semoga di saat Tuhan datang, Ia temukan kita sudah siap-siap menyambut kedatanganNya.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amin.

Tidak ada komentar: