Senin, 21 Oktober 2019

Siro Sabtu, 19 Oct 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XXVIII
PF S. Paulus dari salib, Imam
PF S. Yohanes de Brebeuf dan Ishak Jogues, Imam, dan teman-temannya; Martir

Bacaan Injil
Luk 12:8-12

Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu, apa yang harus kalian katakan.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, "Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah.

Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan."

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                
Sabtu, 19 Oktober 2019                                                                                                                     
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema:  Akuilah Tuhan Dalam Kata Dan Perbuatan Kita!                                                           Lukas 12: 8-12

Saudara-saudari.... Sebagai murid Kristus, hari ini kita diingatkan kembali oleh Yesus Kristus, Saudara kita untuk selalu mengakui Dia, sebagai Tuhan dan penebus kita. Katanya: “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah.” Sebagai murid Kristus kita harus selalu berusaha mengakui Dia lewat sikap dan perbuatan kita setiap hari; menjalankan apa yang diajarkanNya dan bertanggungjawab memelihara ajaran-Nya.

Hari ini, Ia juga katakan, bahwa setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi barang siapa yang menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. 
Apa maksud pernyataan Yesus Kristus ini: melawan Anak Manusia tetapi ia akan diampuni? Maksudnya adalah: kadang dalam situasi terjepit dan karena rasa takut para murid melawan Yesus Kristus atau mengingkari Yesus Kristus. Kita ingat Rasul Petrus sewaktu ia ditantang oleh musuh Yesus sewaktu Yesus diadili. Ia mengingkari Yesus Kristus tiga kali. Mulutnya berkata lain tetapi hatinya tetap mencintai Yesus. Sesudah penyangkalan itu, Petrus menangis dan menyesal atas perbuatannya. Ia memohon ampun dari Yesus dan Yesus mengampuninya.  Betapa sering kita melawan Tuhan, dengan sadar melakukan kejahatan, tetapi di saat kita bertobat dan kembali mengakui dosa kita, maka Yesus selalu siap mengampuni dosa kita. 
Tetapi barang siapa yang menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Maksud pernyataan ini adalah bahwa seseorang dengan sadar, tahu dan mau tanpa rasa takut menolak Allah. Orang ini membenci, menghujat Allah dan sama sekali tidak percaya akan Allah. Allah bukanlah pilihannya. Ia pada hakekatnya menolak Allah. Ia memilih setan dalam hidupnya. Setan dianggapnya baik sementara Allah tidak!  

Hari ini Yesus juga berkata: “Janganlah kalian kawatir, bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan.”

Saudara-saudari… Percayalah apa yang dikatakan Yesus Kristus ini. Perkataan-Nya benar dan selalu terjadi ke atas orang yang setia dan percaya pada-Nya. Ia selalu setia memegang dan memenuhi janjinya. Saya percaya anda sendiri sudah alami. Di saat anda takut dan cemas anda ungkapkan satu dua kata meminta bantuan Tuhan, dan tiba-tiba anda mendapat kekuatan dan rasa damai. Kekuatan dan rasa damai yang anda alami sesudah anda berdoa itulah jawaban Tuhan. Ia selalu mendengarkan kita. Sungguh, kuncinya selalu ada pada kita, apakah kita selalui percaya dan mengakui Dia sebagai Allah kita? Apakah perbuatan dan iman kita selalu sejalan?  

Bersama Bunda Maria kita berdoa: Tuhan, teguhkanlah iman, kesetiaan dan rasa tanggungjawab kami dalam menjalankan apa yang sudah Engkau perintahkan kepada kami. Semoga iman dan perbuatan kami selalu kami hayati dan amalkan dalam hidup kami sehingga kelak kamipun dibenarkan di hadapan-Mu. Dalam nama Kristus, kami berdoa. Amen!

Tidak ada komentar: