Selasa, 08 Oktober 2019

Siro Selasa, 08 Oct 19

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa XXVII

Bacaan Injil
Luk 10:38-42

Marta menerima Yesus di rumahnya.  Maria telah memilih bagian yang paling baik.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Dalam perjalanan ke Yerusalem Yesus dan murid-murid-Nya tiba di sebuah kampung. Seorang wanita bernama Marta menerima Dia di rumahnya.Wanita itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria itu duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan sabda-Nya.

Tetapi Marta sangat sibuk melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata, "Tuhan, tidakkah Tuhan peduli, bahwa saudariku membiarkan daku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku."Tetapi Tuhan menjawabnya, "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, padahal hanya satu saja yang perlu. Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Demikianlah Injil Tuhan.
======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Selasa, 08 Oktober 2019                                                                                                                    
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema:  Dengarkanlah Dan Rasakanlah Tuhan!                                                                     
Lukas 10: 38-42

Saudara-saudari... Injil hari ini menceriterakan kunjungan Yesus ke rumah Marta dan Maria. Yesus sudah ada dalam rumah Marta, tetapi Marta begitu sibuk di dapur dan malah ngomel pada Yesus karena saudarinya Maria tidak datang membantu dia di dapur. Marta mengharapkan agar Yesus secepatnya menegur Maria dan menyuruhnya ke dapur membantu dia. Tetapi alhasil mendatangkan kesedihan buat Marta. Dia sudah susah-susah kerja di dapur siapkan makanan dan minuman untuk Yesus dan banyak orang, ditegur lagi oleh Yesus. Kata Yesus: “Marta, Marta, engkau khawatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, padahal satu saja yang perlu. Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Mungkin ada yang bertanya: apakah Yesus ini tidak merasa kasihan dengan Marta?  Sebenarnya bukan soal kasihan atau tidak. Yang dimaksudkan Yesus di sini adalah: di saat Dia bertamu di dalam rumah hati Marta, Marta sudah seharusnya mendengarkan Yesus. Yesus yang adalah Tuhan sudah ada dan hadir bersama Maria dan Marta. Manfaatkanlah kesempatan yang indah ini untuk duduk di samping Dia dan mendengarkan Dia. Jangan biarkan Dia sendirian dan mereka sibuk sekali dengan perkara-perkara yang lain yang pada akhirnya perkara itu tidak menjamin mereka untuk memiliki kehidupan yang kekal. Dengarkanlah Dia, ikutilah apa yang diajarkanNya.

Yesus katakan: Maria telah memilih bagian terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya. Maria sudah mendengar warta keselamatan. Warta keselamatan itu masuk ke dalam hati dan pikirannya dan warta keselamatan itu akan menjadi jaminan keselamatan baginya. Maria dijamu oleh Yesus Kristus dengan jamuan rohani yang bersifat kekal. Sementara Marta, ia sibuk dengan barang duniawi, menyiapkan makan minum demi kebutuhan biologis manusia. Ia menjamu manusia dengan jamuan jasmani yang bersifat sementara. 

Jadi pesan Injil untuk kita hari ini adalah: di saat kita ada bersama Tuhan, di saat kita ikut misa atau berdoa atau mendengarkan Sabda Tuhan, konsentrasilah pada Dia; kita harus mendengar Dia dengan sepenuh hati; kita harus merasakan kelembutan suaranya lewat telinga hati kita; kita harus melihat wajahnya dengan mata iman kita; kita harus menanggapi ajarannya dengan positip dan siap menjalankannya. Di saat Kristus ada, manfaatkanlah waktu itu untuk mendengarkan, alami dan rasakan Kristus. Dengarkanlah, alamilah dan rasakanlah Kristus di saat kita diberi kesempatan untuk bermeditasi, kontemplasi. 

Marilah saudara-saudari... Semasih kita bersama Kristus, dengarkanlah Dia dengan sepenuh hati; rasakanlah kehangatan cinta dan kelembutan hatinya karena dengan demikian maka keakraban antara kita akan semakin kuat. 

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amin.

Tidak ada komentar: