Kamis, 31 Oktober 2019

Siro Jumat, 1 November 19

Bacaan Liturgi

HR Semua Orang Kudus

Bacaan Injil
Mat 5:1-12a

Bersukacita dan bergembiralah, karena besarlah ganjaranmu di surga.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Sekali peristiwa ketika melihat banyak orang yang datang, Yesus mendaki lereng sebuah bukit. Setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya. Lalu Yesus pun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya, 
"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. 
Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.
Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.
Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan.
Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.
Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. 
Berbahagialah kamu, jika demi Aku kamu dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat; bersukacita dan bergembiralah, karena besarlah ganjaranmu di surga."

Demikianlah Injil Tuhan.

=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                    
Jumat, 01 Nopember 2019                                                                                                                  
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema:  Mulailah Hidup Suci Sekarang Juga, Janganlah Ditunda-Tunda!                                        Matius 5: 1-12a

Saudara-saudari…Pada hari ini Gereja merayakan Hari Raya semua orang Kudus. Siapa saja orang kudus itu? Mereka adalah saudara-saudari kita, yang hidup bersama Tuhan dalam surga. Di antara mereka ada yang sudah diakui secara resmi oleh gereja sebagai orang kudus, tetapi ada begitu banyak penghuni surga yang belum diakui oleh gereja secara resmi, tetapi kita percaya bahwa mereka juga adalah orang kudus. Di antara mereka-mereka itu, mungkin orangtua kita, kakek nenek kita, saudara-saudari kandung kita. Pada hari ini kita menyampaikan syukur kepada Tuhan karena berkat kesetiaan, iman dan perbuatan mereka, Tuhan sudah mengganjari mereka kebahagiaan abadi bersama Dia dalam kerajaan surga. Kita juga meminta para kudus di surga agar selalu mendoakan kita dan semoga berkat doa mereka kita pun selalu teguh dalam iman dan setia menjalankan perintah Tuhan sehingga kelak kita pun boleh bersatu bersama mereka dalam kerjaan surga.  

Bagaimana mereka bisa menjadi kudus? 1) Karena selama hidup di dunia ini, mereka selalu merasa bergantung pada Allah dan selalu percaya padaNya. Kata Yesus: “Berbahagialah orang miskin di hadapan Allah.” Jadi barangsiapa yang selalu bergantung pada Allah, maka mereka akan bahagia, akan jadi kudus. 2) Karena mereka selalu alami banyak penderitaan demi iman akan Kristus. Kata Yesus: “Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.” Jadi barangsiapa yang selalu menderita karena iman, maka mereka akan dihibur untuk selamanya. 3) Karena mereka selalu murah hati selama hidupnya; selalu menolong orang sakit, orang miskin dan yang terlantar. Kata Yesus: “Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan.” 4) Karena mereka selalu mengikuti perintah dan kehendak Allah. Hati mereka selalu suci. 5) Karena selama hidup di dunia ini, mereka selalu promosikan perdamaian, keadilan dan kebenaran dan mereka pun siap menderita karena tugas mulia itu.  

Jadi kalau kita rindu mau menjadi orang kudus kelak dan hidup bersama Tuhan dalam kerajaanNya, maka hayatilah dan amalkanlah nilai-nilai Injil dalam hidup harian kita mulai saat ini juga, jangan ditunda-tunda! Dalam situasi apa pun kita harus selalu percaya teguh pada Tuhan, siap memikul salib demi iman akan Kristus, selalu murah hati kepada yang miskin dan menderita, hidup suci, berani tampil membawa perdamaian dan siap berkorban demi keadilan dan kebenaran.
     
Marilah saudara-saudari... Mulailah hidup suci sekarang ini juga, jangalah ditunda-tunda agar kelak kita layak bergabung dalam persekutuan para kudus di surga. 

Kita memohon para orang kudus dan Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amin.

Tidak ada komentar: