Jumat, 10 Januari 2020

Siro Minggu, 05 January 2020

Bacaan Liturgi

Hari Raya Penampakan Tuhan

Bacaan Injil
Mat 2:1-12

Kami datang dari timur untuk menyembah Sang Raja.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Pada zaman pemerintahan Raja Herodes,
sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea, 
datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem.
Mereka bertanya-tanya,
"Di manakah Raja Yahudi yang baru dilahirkan itu? 
Kami telah melihat bintang-Nya di Timur 
dan kami datang untuk menyembah Dia."
Mendengar hal itu, 
terkejutlah raja Herodes beserta seluruh Yerusalem.
Maka dikumpulkannya 
semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, 
lalu dimintanya keterangan dari mereka, 
di mana Mesias akan dilahirkan.
Mereka berkata kepadanya,
"Di Betlehem di tanah Yudea, 
karena beginilah ada tertulis dalam kitab nabi:
Dan engkau, Betlehem di tanah Yehuda, 
engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil 
di antara mereka yang memerintah Yehuda, 
karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, 
yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu 
dan dengan teliti bertanya kepada mereka
kapan bintang itu nampak.
Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya,
"Pergilah,
dan selidikilah dengan seksama hal-ikhwal Anak itu!
Dan segera sesudah kamu menemukan Dia, 
kabarkanlah kepadaku,
supaya aku pun datang menyembah Dia."
Setelah mendengar kata-kata raja Herodes, 
berangkatlah para majus itu.
Dan lihatlah, 
bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka 
hingga tiba dan berhenti di atas tempat
di mana Anak itu berada.
Melihat bintang itu,
sangat bersukacitalah mereka.
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu,
dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya.
Lalu mereka sujud menyembah Dia. 
Mereka pun membuka tempat harta bendanya 
dan mempersembahkan persembahan kepada Anak itu,
yaitu emas, kemenyan dan mur.
Kemudian, karena diperingatkan dalam mimpi
supaya jangan kembali kepada Herodes, 
mereka pun pulang ke negerinya lewat jalan lain.
Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Minggu, 05 Januari 2020                                                                                                                      
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Pandanglah Dan Ikutilah Bintang Tuhan Maka Kita Akan Menemukan Kristus!
                                                                            
Matius 2: 1-12

Saudara-saudari... Hari ini kita rayakan Pesta Penampakan Tuhan kepada ketiga Orang Majus. Dari hasil permenungan, saya melihat ada tiga macam sikap manusia dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus: 

1) Bagi mereka yang sudah dipenuhi oleh Roh Kudus, seperti Maria, Yoseph, para gembala, para malaikat, Simeon, kelahiran Yesus disambut dengan puji-pujian. Mereka sudah mengalami Allah secara pribadi, karena itu di saat Yesus lahir, mereka selalu memuji dan mewartakan Tuhan lewat cara hidupnya: rendah hati, teguh dalam iman, sabar dalam penderitaan dan selalu bergantung pada kuasa Tuhan. Mereka selalu prioritaskan Tuhan dalam hidupnya. 
Di zaman kita sekarang, banyak orang yang sudah alami Allah. Karena pengalaman itu, ada yang tinggalkan kekayaan duniawi dan melayani Allah dengan melayani orang miskin dan orang sakit. Mereka menanggapi kelahiran Kristus dengan penuh sukacita dan wujudkan sukacita mereka dengan melayani sesama. Barangsiapa yang sudah mengalami Allah akan selalu tergerak hatinya untuk melayani Allah lewat melayani sesame tanpa memperhitungkan untung rugi. Bagi mereka dengan melayani sesama, mereka sudah alami kebahagiaan dan kepuasan rohani.

2) Bagi mereka yang belum mengalami Allah secara pribadi, tetapi selalu punya kerinduan yang sangat tinggi untuk bertemu dan mengalamiNya. Ketiga orang Majus dalam ceritera Injil hari ini adalah symbol dari mereka yang selalu mencari Tuhan dalam hidupnya. Mereka tinggalkan status/kekayaan/kedudukan dan mau bertemu dan alami Tuhan secara langsung. Karena kerinduan untuk mengalami Tuhan sangat tinggi, maka mereka korbankan waktu, tenaga dan pikiran dengan membaca buku rohani, menonton video tentang kehidupan Yesus Kristus, mengikuti retreat/rekoleksi, mengikuti misa dan kegiatan rohani serta karya karitatip. 
Ketiga Orang Majus dalam ceritera Injil hari ini mengikuti Bintang yang menghantar mereka ke Kandang Natal di mana Yesus lahir. Mereka berjalan berhari-hari mencari Tuhan. Mata hati mereka selalu melihat ke atas memohon petunjuk dari Tuhan; cahaya Tuhan lewat Bintang menuntun hati dan pikiran mereka menuju tempat kediaman Tuhan. Kerinduan dan usaha mereka berhasil. Mereka menemukan Tuhan di kandang Natal. Jadi barangsiapa yang selalu terbuka hatinya dan selalu memandang ke atas, memandang kemulian Tuhan pasti akan selalu menemukan Tuhan dan mendapat peneguhan daripadaNya. 

3) Sikap ketiga adalah sikap yang ditunjukan oleh Herodes. Herodes adalah simbol dari mereka-mereka yang pura-pura mau memuji dan menyembah Tuhan, tetapi sebenarnya ada ketakutan dan kecemasan dalam diri akan kehilangan kekuasaan. Karena ketakutan akan kehilangan kekuasaan, maka muncullah dalam pikiran dan hati mereka untuk membinasakan Yesus Kristus atau orang yang punya kemampuan dan kuasa untuk memimpin. Kelahiran Yesus Kristus sungguh mengganggu kenyamanan hidup Herodes. Untuk menghilangkan rasa takut dan cemas akan kehilangan kuasa dan statusnya sebagai Raja atau pemimpin, maka Herodes memanfaatkan segala cara untuk membunuh Yesus Kristus, yang mau menjadi raja itu.  

Pada Zaman kita, masih banyak orang yang memiliki sikap seperti Herodes. Sikap pura-pura, tidak mau menerima kelebihan sesama, sikap mau main kuasa, sombong, tidak mau menerima kenyataan; menggunakan segala cara untuk menghancurkan orang yang punya kemauan baik untuk melayani sesama. 
Orang-orang seperti Herodes ini senang memanggil nama Tuhan, tetapi intensinya bukan memuji dan memuliakan Tuhan, tetapi mau menghancurkan Tuhan yang hidup dalam diri orang-orang yang tidak bersalah. Orang-orang macam ini perlu didoakan agar bertobat dan kembali ke jalan yang benar. 

Saudara-saudari... Marilah kita bertanya diri: kita masuk dalam kelompok yang mana? Kelompok yang sudah dipenuhi Roh Kudus atau kelompok yang selalu punya kerinduan untuk bertemu Tuhan atau kelompok yang pura-pura mau memuji dan menyembah Tuhan, tetapi sesungguhnya punya rasa takut dan cemas akan kehilangan status dan menggunakan segala cara untuk menghancurkan Tuhan dalam diri orang tidak bersalah? 

Sebagai murid-murid Yesus, marilah kita mencari dan menyembah Tuhan dengan sepenuh hati; ikutilah Bintang, inspirasi dan bimbingan Tuhan, yang menunjukkan arah ke tempat di mana Tuhan berada. Ketuklah pintu hatinya setiap hari agar Rahmat dan BerkatNya selalu dicurahkan-Nya kepada kita. 

Semoga lewat perayaan hari Minggu ini, bersama ketiga orang Majus, kita boleh bertemu, alami dan rasakan kehadiran Tuhan dalam hati kita.  

Kita memohon Bunda Maria untuk memndoakan kita. Amin.

Tidak ada komentar: