Selasa, 14 Januari 2020

Siro Senin, 13 January 2020

Bacaan Liturgi

Hari Biasa, Pekan Biasa I
PF S. Hilarius, UPG

Bacaan Injil
Mrk 1:14-20

Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah. Yesus memberitakan, "Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"Ketika Yesus sedang berjalan menyusur Danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
Yesus berkata kepada mereka, "Mari, ikutlah Aku, dan kalian akan Kujadikan penjala manusia."Mereka segera meninggalkan jalanya, dan mengikuti Yesus. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, dalam perahu bersama orang-orang upahannya. Lalu mereka mengikuti Yesus. 

Demikianlah Injil Tuhan.
=======================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Senin, 13 Januari 2020                                                                                                                           
RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Mari ikutilah Aku!                                                                                                             
Markus 1: 14 – 20

Saudara-saudari... “Mari, ikutilah Aku dan kamu akan kujadikan penjala manusia.” Pernyataan Yesus Kristus ini ditujukan kepada Petrus, Andreas, Jakobus dan Yohanes. Hari ini perintah yang sama ditujukan kepada kita semua. Mereka dipanggil untuk mengikuti Yesus Kristus dengan tujuan untuk menjala manusia. Yang menarik dalam ceritera panggilan keempat orang ini adalah bahwa mereka mengikuti Yesus Kristus tanpa kompromi. Mereka tinggalkan pekerjaan yang sudah lama dikerjakan dan mengikuti Yesus Kristus untuk mengerjakan satu pekerjaan yang baru. Pekerjaan lama, yaitu menangkap ikan dan menjualnya untuk kepentingan diri dan keluarga, kini diganti, mendapat pekerjaan baru, yaitu bekerja bersama Yesus Kristus menangkap manusia, bukan untuk kebutuhan pribadi dan keluarga tetapi demi kepentingan pribadi yang ditangkap agar ia/mereka boleh memperoleh kehidupan kekal. 
Dalam menjala ikan keempat orang ini selalu menggunakan jala dan ilmu kelautan agar bisa menangkap ikan dengan baik, tetapi sekarang dalam lapangan pekerjaan yang  baru, untuk menjala manusia, bukan jala dan ilmu kelautan yang digunakan tetapi mengikuti gaya hidup Yesus Kristus, pemimpin para penjala manusia. Yesus Kristus berkata: “Ikutilah aku, kamu akan kujadikan penjala manusia.” Untuk menjadi penjala manusia syarat utama yang harus dipenuhi adalah mengikuti Yesus Kristus. Mengikuti cara hidup Yesus Kristus. Cara hidup Yesus Kristus adalah mencintai Tuhan sebagai pencipta; mencintai sesama seperti diri sendiri; mengampuni, melayani sesama dengan penuh kasih tanpa mengharapkan imbalan.  
Setiap pribadi yang mau menjadi penjala, dari padanya diminta kesediaan dan keterbukaan. Kesediaan untuk mengikuti dan menjalankan apa yang diperintahkan oleh Yesus Kristus dan keterbukaan untuk menerima Roh Kudus, ajaran, nasihat, teguran dari Yesus Kristus demi perkembangan dan pertumbuhan iman.  
Kita semua tahu bahwa Petrus, Andreas, Yohanes dan Yakobus sudah menjadi penjala manusia yang baik, setia dan sukses. Kunci keberhasilan mereka terletak pada kesetiaan dan ketaatan mereka kepada Yesus Kristus. Yesus Kristus selalu menjadi sumber contoh hidup mereka, sumber kekuatan mereka; Yesus Kristus sudah menjadi focus perhatian mereka. Yesus Kristus sudah menjadi awal dan akhir perjalanan hidup mereka. Mereka sungguh mencintai Yesus Kristus sampai merelakan dirinya mati demi Dia. 

Saudara-saudari... Sabda Yesus Kristus hari ini ditujukan kepada kita. Kita semua adalah Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes pada zaman ini. Tuhan Yesus membutuhkan kita agar karya keselamatannya diteruskan di dunia ini sehingga banyak orang boleh mengalami keselamatan. 

Beberapa pesan yang menarik yang mungkin baik kita pelajari dari Injil hari ini adalah: 
1) Siap sedia mendengarkan dan mengikuti panggilan Tuhan untuk bersama Dia melayani sesama agar mereka boleh memperoleh keselamatan. 2) Bersedia meninggalkan pekerjaan, yang hasilnya demi kepentingan diri sendiri, bergabunglah dan bekerjalah bersama Kristus untuk melayani sesama agar mereka yang dilayani boleh mengalami keuntungan yaitu hidup bahagia bersama Tuhan diakhirat. 3) Sekali kita menjawab ya atas panggilan Tuhan, selanjutnya kita harus mengikuti jejak langkahNya, mendengarkan dan menjalankan perintahNya. Yesus Kristus harus selalu menjadi focus perhatian kita. Hanya pada Dia, kita harus bergantung. 4) Yesus Kristus sendiri yang akan bertanggungjawab akan hidup dari setiap pribadi yang mengikuti Dia. Dia yang memanggil dan mempekerjakan kita, Dia sendiri yang akan bertanggungjawab akan kehidupan kita. 

Marilah saudara-saudari... ikutilah Yesus Kristus, Guru kita. Kita semua sudah dipanggilNya sesuai dengan profesi kita masing-masing. Apapun profesi kita, terapkanlah gaya Yesus Kristus dalam tugas kita. Kalau kita selalu mengikuti gayaNya, maka pasti banyak hati akan merasa tertarik dengan hidup kita. 

Bersama Bunda Maria kita berdoa: Tuhan berilah kami kekuatan dan kesabaran agar kami selalu sanggup menjalankan perintah-Mu. Dalam nama Kristus, kami berdoa. Amin.

Tidak ada komentar: