Senin, 27 Januari 2020

Siro Selasa, 28 January 2020

Bacaan Liturgi 

Hari Biasa, Pekan Biasa III
PW S. Tomas dari Aquino, Imam dan Pujangga Gereja

Bacaan Injil
Mrk 3:31-35

Barangsiapa melaksanakan kehendak Allah, dialah saudara-Ku.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Sekali peristiwa datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus ke tempat Ia sedang mengajar. Mereka berdiri di luar, lalu menyuruh orang memanggil Yesus. Waktu itu ada orang banyak duduk mengelilingi Dia; mereka berkata kepada Yesus, "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau."Jawab Yesus kepada mereka, "Siapa ibu-Ku? Siapa saudara-saudara-Ku?" Yesus memandang orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu, lalu berkata, "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Demikianlah Injil Tuhan.
====================
SIRAMAN ROHANI                                                                                                                  
Selasa, 28 Januari 2020                                                                                                                              RP Fredy Jehadin, SVD

Tema: Ikutilah Dan Laksanakanlah Kehendak Tuhan!
Markus 3: 31-35

Sauara-saudari… Hari ini kita merayakan Pesta Santo Thomas Aquinas, seorang pujangga gereja. Sesudah belajar ilmu filsafat dan teologi, ia memanfaatkan ilmunya untuk membela kebenaran, yang kita sebut ilmu Ketuhanan. Ilmunya, ilmu ketuhanan, masih diajarkan di seminari Tinggi agar para seminaris bisa menggunakan argumentasi St. Thomas Aquinas untuk menjelaskan adanya Tuhan. 

Dalam hidup bermasyarakat, kita pun selalu mengharapkan agar mereka yang sudah belajar banyak, membagikan ilmunya dengan mereka yang tidak diberi kesempatan untuk belajar agar ilmunya membawa dampak positip bagi sesama. 

Pertanyaan untuk kita: Pernahkah kita membagi secara gratis ilmu dan pengalaman hidup kita kepada sesama kita?  Kapan kita dengan penuh semangat membagi ilmu yang kita pelajari kepada sesama kita? Dalam keluarga: pernahkah kita menceriterakan kepada keluarga tentang keahlian/ilmu yang kita geluti? Tahukah anak kita akan keahlian kita? Bagaimana perasaan kita sesudah kita membagi keahlian kita secara gratis kepada sesama? 

Saudara-saudari…. Injil hari ini menceriterakan kepada kita, bahwa ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepadanya. Orang memanggil Yesus katanya: “Lihat, ibu dan saudara-saudaraMu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau.” Jawab Yesus kepadanya: “Siapa ibu-ku dan siapa saudara-saudara-Ku? Ia melihat orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya dan berkata: “Inilah ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, Dialah saudara-ku laki-laki, dialah saudaraku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Saudara-saudari… Lewat pernyataan ini, Yesus mau mengingatkan para pengikutNya, bahwa barangsiapa yang mengikuti dan melakukan kehendak-Nya, maka dia layak disebut saudara-saudariNya. Menjadi saudara-saudari Kristus tidak semata-mata harus terikat pada hubungan darah. Lewat Injil hari ini, Yesus sudah dengan tegas dan secara terbuka membuka pintu hatinya untuk menerima siapa saja yang berkehendak baik dan siap mengikuti dan melakukan kehendakNya. Dan mereka-mereka itu sudah dianggapnya saudara-saudari dan ibunya. Bagi Yesus keluarganya tidak hanya terbatas pada relasi hubungan darah, tetapi lebih dari itu, yaitu barangsiapa yang bekerjasama dengan Dia dalam rangka menyelamatkan orang. 

Pertanyaan untuk kita: Sebagai saudara laki-laki dari Yesus Kristus: apakah kita selalu siap membela dan menjaga Yesus Kristus dalam hidup kita dan selalu bekerjasama dengan Dia untuk menyelamatkan manusia? Sebagai saudara perempuan Yesus Kristus: Apakah kita selalu mencintai dan melayani Yesus Kristus dalam kehidupan harian kita dan siap melayani sesama agar mereka boleh alami keselamatan? Sebagai ibu Yesus Kristus: apakah kita selalu merawat, memperhatikan dan mengayomi Yesus Kristus dan bersama Kristus merangkul orang yang menjauh dari Kristus agar boleh alami keselamatn? 

Marilah saudara-saudari.... Ikutilah dan laksanakanlah kehendak Tuhan agar kita pun layak disebut ibu, saudara dan saudari Yesus Kristus yang setia. 

Kita memohon St. Thomas Aquinas dan Bunda Maria untuk mendoakan kita.  Amin.

Tidak ada komentar: